14 UPT Kementerian LHK Provinsi Sulawesi Selatan Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Sumber :
  • Siti Amalia/BPSI LHK Makassar

WisataMakassar, Hari ini (1/6/2023), seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila, yang diperingati setiap tanggal 1 Juni sejak Tahun 2016. Upacara peringatan ini juga diadakan oleh jajaran UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Sulawesi Selatan.

YOGYAKARTA: Unik, Peringatan Hari Lahir Pancasila oleh Warga Kanutan, Bantul

Pada pagi hari ini, upacara dilaksanakan di halaman Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Negeri Makassar, yang menjadi tuan rumah acara tersebut. Kepala instansi dari 14 UPT KLHK di Provinsi Sulawesi Selatan beserta pegawai ikut hadir dalam upacara tersebut.

Keempatbelas instansi KLHK yang hadir meliputi P3E Suma (Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi Maluku), BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam), BLK (Balai Latihan Kehutanan), BPTH (Balai Perbenihan Tanaman Hutan), BPDASHL (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung), BTN Babul (Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung), BPKHTL (Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan), BPHL (Balai Pengelolaan Hutan Lestari), BPPI (Balai Pengendalian Perubahan Iklim), Gakkum (Balai Penegakan Hukum), BPSKL (Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan), BPSI (Balai Penerapan Standar Instrumen), BTN Taka Bonerate (Balai Taman Nasional Taka Bonerate), dan SMK Kehutanan Negeri Makassar.

Memaknai Filsafat Pancasila sebagai Idiologi, Pandangan Hidup, dan Jati Diri Bangsa Indonesia

Pemimpin upacara dipercayakan kepada kepala sekolah SMK Kehutanan Negeri Makassar, Bapak Muh. Ilyas, S.Hut, MP, dengan seluruh petugas upacara yang merupakan siswa dari SMK tersebut. Upacara berjalan dengan tertib dan hikmat, sebagai penghormatan terhadap nilai-nilai Pancasila.

Dalam sambutannya, Bapak Muh. Ilyas mengungkapkan pentingnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian LHK untuk bersatu padu, menjunjung tinggi, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan sebagai abdi negara.

Prakiraan Cuaca Kota Banyuwangi Jawa Timur, Tanggal 3 Juli 2024

Hari Lahir Pancasila adalah momen yang penting bagi seluruh bangsa Indonesia. Melalui peringatan ini, kita diingatkan kembali akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan negara. Semoga semangat Pancasila senantiasa menyala dalam setiap langkah kita.