BMKG : Peringatan Tentang Dampak Siklon Tropis Doksuri di Indonesia, Apa itu Topan Doksuri?

Topan Doksuri
Sumber :
  • IG/infoBMKG

WISATA – Siklon Tropis Doksuri, paling sering disebut sebagai Topan Doksuri, adalah siklon tropis kuat yang pernah melanda beberapa negara di Asia pada September 2017. Topan ini merupakan siklon tropis paling kuat yang melanda Vietnam dalam satu dekade dan menyebabkan kerusakan dan korban jiwa yang cukup signifikan.

Prakiraan Cuaca Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Tanggal 3 Juli 2024

Dilansir dari instagram BMKG, saat ini Siklon Tropis Doksuri terpantau berada di Laut Filipina, dengan kecepatan angin maksimum 35 knots dan tekanan udara minimum 1002 milibar (mb) bergerak ke arah Utara - Barat Laut. Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Doksuri meningkat dalam 24 jam ke depan.

Sedangkan menurut scmp.com, stasiun meteorologi Hongkong, badai tropis tersebut kemungkinan juga akan melewati Hongkong, namun jalur persisnya masih terlalu dini untuk dilaporkan karena kemungkinan cuaca bisa memburuk di minggu depan. Badai Tropis Doksuri, diperkirakan akan sangat kuat bergerak ke arah timur pulau Luzon Filipina dalam beberapa hari mendatang, sebelum menuju ke Laut Cina selatan sekitar 26 Juli. Saat ini kecepatan angin maksimum 65 km/jam (40 mph), tetapi proyeksi terbaru menunjukkan badai tersebut meningkat dengan cepat dan diperkirakan akan mencapai status 'badai topan' dengan kecepatan angin 155 km/jam saat mendekati perairan di sekitar Hongkong dan Taiwan.

Prakiraan Cuaca Kota Surabaya Jawa Timur, Tanggal 3 Juli 2024

Sementara masih dari instagram BMKG, diinformasikan bahwa kemungkinan akan ada dampak tidak langsung dari badai siklon Doksuri ini terhadap beberapa wilayah di Indonesia. Yaitu hujan sedang hingga lebat di Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah bagian utara, dan Gorontalo. Kemudian juga perlu diperhatikan di beberapa tempat seperti Laut Maluku, Perairan Kepulauan Sangihe hingga kepulauan Talaut, Perairan Bitung hingga kepulauan Sitaro, Perairan selatan Sulawesi Utara, perairan Halmahera, Laut Halmahera, Perairan utara Biak hingga Jayapura, Perairan Misool hingga Fak Fak, Samudra Pasifik utara Halmahera sampai Papua, dan Laut Seram, karena diperkirakan ada kenaikan gelombang laut setinggi 1,25 – 2,5 meter.

Topan Doksuri

Photo :
  • IG/infoBMKG
Prakiraan Cuaca Kota Semarang Jawa Tengah, Tanggal 3 Juli 2024

Adanya ramalan tentang badai siklon Doksuri ini perlu diwaspadai mengingat kejadian 2017 yang lalu, yang menyebabkan korban jiwa dan kerugian ekonomi yang cukup parah di Vietnam, yang mencapai ratusan juta dollar.

Halaman Selanjutnya
img_title