Yuk, Kenalan Sama “Mbak Sri Cantik”, Aplikasi Keren dari Kecamatan Banjarsari, Surakarta

Camat Banjarsari, Wakil Wali Kota Surakarta dan Wali Kota Surakarta
Sumber :
  • Saryanti

Solo, WISATA – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa menghadiri peluncuran aplikasi layanan "Mbak Sri Cantik" atau “Masyarakat Banjarsari Cinta Statistik” di Kantor Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah pada Kamis (20/07/2023).

Mbak Sri Cantik” merupakan aplikasi berbasis online berisi big data tentang perancangan program kegiatan maupun pelayanan terhadap masyarakat. Aplikasi ini diantaranya berisi tentang data angka kemiskinan, stunting, serta beragam fasilitas umum.

Peluncuran “Mbak Sri Cantik’ diawali dengan apel internal Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan pembina Wakil Wali Kota Surakarta. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kecamatan Banjarsari, Kapolsek Banjarsari, Danramil 02/Banjarsari Kodim 0735/Surakarta, Ketua LPMK, Kepala Kelurahan Wilayah Banjarsari, para tokoh masyarakat dan tokoh agama, para pimpinan lembaga, serta karyawan se-Kecamatan Banjarsari.

Wakil Wali Kota, Teguh Prakosa menyampaikan apresiasi terhadap aplikasi ini, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai acuan dalam merancang program-program pembangunan.

"Tidak perlu lagi, masyarakat harus wira-wiri ke kelurahan atau kecamatan (untuk) urusan apapun ya, tidak hanya KTP ataupun KK, tetapi di dalamnya ada pelayanan-pelayanan yang lain, bisa tentang KB, PKH (program keluarga harapan - red.) tentang bantuan-bantuan sosial, kemudian termasuk di dalamnya pelayanan kesehatan pendidikan," ungkap Teguh.

SOLO Great Sale ke-10, Dorong Pengembangan Investasi Daerah di Surakarta

Teguh mengharapkan kelurahan ataupun kecamatan lain di Solo, juga melakukan inovasi serupa demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Tinggal bagaimana bapak ibu Lurah yang lain, segera menyesuaikan aplikasi ini, sekaligus paling tidak, nanti seluruh kota Surakarta, Kecamatan yang lain pada lebih kurangnya. Saya  kira, itu bagian dari kecerdasan kita semuanya saling mengisi, supaya aplikasi ini bener-bener komplit. Orang datang sudah tidak perlu moco whiteboard jumlah penduduk laki-laki sekian ini sekian," jelas Teguh saat apel berlangsung.

Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa Memberi Sambutan

Photo :
  • Saryanti
Mencegah Stunting di Hari Gizi Nasional 2024: Pentingnya MP-ASI Kaya Protein Hewani

Setelah apel selesai, Kepala Kecamatan Banjarsari, Beni Supartono Putro menjelaskan fitur dan fungsi aplikasi kepada Teguh Prakosa serta para hadirin lainnya.

Beni mengharapkan, perlu adanya peningkatan yang berkaitan dengan data-data tersebut baik dari data statistik maupun data geospasial.

"Harapan kami, kami bisa mendapat hal yang lebih, berkaitan dengan data-data yang bisa kita sinkronkan antar OPD (organisasi perangkat daerah – red.)," jelas Beni.

Beni juga menargetkan agar ke depannya, mampu mengembangkan data-data pendukung lain yang bisa diakses.

Camat Banjarsari, Wakil Wali Kota Surakarta dan Wali Kota Surakarta

Photo :
  • Saryanti
Temulawak: Tanaman Obat Unggulan yang Banyak Manfaat, Salah Satunya Berkhasiat Mencegah Stunting

"Plan-plan ke depan, tentu penggabungan-penggabungan data pendidikan, kemudian ketenagakerjaan, itu saat ini, belum kami lakukan," ungkapnya.

Sebagai tahapan awal, aplikasi ini mampu mengimplementasikan empat kelurahan, yakni Kelurahan Banyuanyar, Sumber, Timuran dan Keprabon. Diperkirakan, bulan Agustus nanti, dari pemerintah kelurahan lainnya bakal menyusul.