Mengapa Kota Malang Menjadi Sangat Dingin di Minggu-minggu Ini? Simak Penjelasan dari BMKG

Ramalan cuaca
Sumber :
  • BMKG Malang

MALANG, WISATA – Anda yang sedang berada di Kota Malang mungkin merasakan udara yang sangat dingin di minggu-minggu ini. Bahkan suhu terendah bisa mencapai 16 derajat Celcius. Sangat dingin terutama mulai dini hari sampai fajar. Kira-kira apa penyebabnya ya?

Prakiraan Cuaca Kota Banyuwangi, Jawa Timur, Tanggal 28 Juni 2024

Secara umum kota Malang mungkin dingin karena beberapa faktor, seperti misalnya pola cuaca dan perubahan musim tentu mempengaruhi suhu di Malang. Selain itu kondisi geografis dan kedekatannya dengan pegunungan, seperti Gunung Bromo dan Gunung Semeru, dapat berkontribusi pada suhu yang lebih sejuk.

Namun, menurut BMKG Malang melalui radarmalang.com, faktor pertama penyebab dinginnya kota Malang saat ini adalah gerak semu matahari. Gerak semu yang bergerak ke utara bumi mengakibatkan wilayah Indonesia yang berada di selatan kehilangan sumber panas. Sehingga suhu udaranya menjadi lebih dingin. Posisi Indonesia yang saat ini menjauhi matahari itulah yang menyebabkan suhu udara menjadi dingin. Sementara Australia yang memiliki tekanan udara lebih tinggi dengan masa udara yang dingin, masuk ke Indonesia yang tekanannya lebih rendah. Hal ini memberi dampak langsung dengan membuat dingin suhu udara yang dilewatinya, termasuk pulau Jawa.

Prakiraan Cuaca Kota Batu, Jawa Timur, Tanggal 28 Juni 2024

Perlu juga Anda ketahui bahwa alasan spesifik lainnya mengapa temperatur udara bisa lebih dingin di suatu tempat, adalah juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya :

- Pola cuaca - Perubahan kondisi atmosfer, seperti pergerakan sistem tekanan tinggi dan rendah, dapat memengaruhi fluktuasi suhu. Massa udara dingin mungkin bergerak ke wilayah tersebut, menyebabkan suhu turun.

Prakiraan Cuaca Kota Malang, Jawa Timur, Tanggal 28 Juni 2024

- Tutupan awan - Awan dapat bertindak sebagai insulasi, menjebak panas di dekat permukaan dan mencegahnya keluar ke atmosfer. Jika minggu ini sangat mendung, ini dapat berkontribusi pada suhu yang lebih dingin.

- Pola angin - Arah dan intensitas angin dapat memengaruhi suhu. Angin dingin yang bertiup dari arah tertentu dapat menghasilkan suhu yang lebih dingin.

Halaman Selanjutnya
img_title