Lakukan Hal Berikut Ini agar Ransomware Tidak Menyerang Data Anda

Brain Cipher Ransomware
Sumber :
  • Image Creator/Handoko

Jakarta, WISATA - Ransomware merupakan ancaman siber yang semakin meningkat, menyerang data pribadi dan perusahaan dengan cara mengenkripsi file dan menuntut tebusan untuk mengembalikannya. Untuk melindungi diri dari serangan ransomware, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk mencegah serangan ransomware.

Begini Cara Negara-negara Maju Membangun Sistem Perlindungan Data, Bagaimana dengan Indonesia?

1. Backup Data Secara Teratur

Melakukan backup data secara teratur adalah langkah pertama yang sangat penting untuk melindungi data Anda dari ransomware. Simpan salinan cadangan data di lokasi yang berbeda, seperti hard drive eksternal atau layanan cloud. Pastikan backup dilakukan secara otomatis dan terjadwal agar Anda tidak lupa melakukannya.

Inilah yang Akan Terjadi pada Data yang Mendapatkan Serangan Brain Cipher Ransomware

2. Perbarui Perangkat Lunak dan Sistem Operasi

Ransomware sering memanfaatkan kerentanan dalam perangkat lunak dan sistem operasi untuk menyusup ke dalam sistem. Oleh karena itu, pastikan semua perangkat lunak dan sistem operasi Anda selalu diperbarui dengan versi terbaru. Aktifkan pembaruan otomatis jika memungkinkan.

Bukan Hanya Indonesia, Inilah Deretan Negara yang Seringkali Mendapat Serangan Hacker

3. Gunakan Antivirus dan Anti-Malware Terpercaya

Instal dan gunakan perangkat lunak antivirus dan anti-malware yang terpercaya untuk melindungi sistem Anda dari ancaman ransomware. Pastikan perangkat lunak keamanan ini selalu diperbarui agar dapat mendeteksi dan menghapus ancaman terbaru.

Halaman Selanjutnya
img_title