Demo Kawal Putusan Mahkamah Konstitusi Hari Ini Dilakukan oleh Berbagai Elemen Masyarakat

Aktor Reza Rahadian
Sumber :
  • x-irenejuliency

Jakarta, WISATA – Hari ini, 22 Agustus 2024 aksi demo kawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) berlangsung di beberapa kota besar di Indonesia termasuk Jakarta. Demonstran memprotes hasil rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada yang dinilai melangkahi konstitusi. Rapat Baleg DPR RI memutuskan bahwa RUU Pilkada hanya akan mengakomodasi sebagian putusan MK.

Respon Demo Mahasiswa, Pemerintah Pastikan Hentikan Kenaikan UKT Tak Rasional

Sejumlah selebriti diantaranya aktor Reza Rahadian juga ikut menjalankan aksi demo menolak revisi UU Pilkada di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta bersama massa lainnya.

Di Kota Malang demo dilakukan oleh ratusan mahasiswa yang melakukan aksi di depan Gedung DPRD Kota Malang. Mereka menolak langkah DPR RI yang hendak menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait syarat pencalonan kepala daerah.

BANYUWANGI: Inspiratif...Cuan Jutaan Rupiah Seorang Ibu Rumah Tangga dari Kerajinan Makrame

Sedangkan di Surabaya, puluhan elemen masyarakat yang terdiri dari mahasiswa dan dosen juga menggelar aksi demonstrasi mengawal putusan MK tentang Ambang Batas Partai Politik Mendaftarkan Pasangan Calon. Mereka mendukung putusan MK dan menolak politik dinasti. Aksi ini berlangsung di Tugu Pahlawan.

Demonstrasi ini merupakan bagian dari gerakan nasional yang dilakukan oleh berbagai elemen mahasiswa di seluruh Indonesia.

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Irfan Bachdim dan "El Loco" Kaget dengan Performa Juniornya di Timnas

Sementara di Kota Makassar, masyarakat sipil, termasuk kelompok mahasiswa, akan menggelar demo besar-besaran terkait "peringatan darurat" di Makassar.

Aksi serupa juga direncanakan akan diadakan pada 23 Agustus 2024, di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Halaman Selanjutnya
img_title