INFO HAJI: Tragedi Armuzna di Haji 2023, Kesaksian Seorang Jemaah (Bagian 1 - Arafah)

Jemaah Haji 1444H/2023M di Tenda Mina
Sumber :
  • Maman Abdurahman

Jakarta, WISATA – Alhamdulillah saya dan istri mendapat kesempatan terbang ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji tahun 2023 setelah tertunda dua tahun karena ada Covid-19.

INFO HAJI 2024: Check Point Lancar, 23 Ribu Jemaah Gelombang II Tiba di Madinah

Salah satu ibadah yang sangat penting dalam ibadah haji yang kami ikuti adalah wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah serta mabit dan lempar jamarat di Mina. Kemenag menyebut kegiatan ibadah di lokasi ini dengan Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina).

Ibadah di Armuzna merupakan puncak ibadah haji. Semua jemaah haji dari seluruh dunia bergerak ke lokasi ini pada tanggal 8 Zulhijah. Akibatnya, jalan sangat padat dan macet. Karena itu, layanan transportasi dari dan ke Masjidil Haram pun dihentikan sementara, yaitu mulai tanggal 6 sampai 13 Zulhijah.

INFO HAJI 2024: Jumat Ini, 6 Kloter Pertama Menuju Madinah untuk Kembali ke Tanah Air, Sabtu Esok

 

Jemaah Haji 1444H/2023M di Tenda Mina

Photo :
  • Maman Abdurahman
INFO HAJI 2024: Puji Kinerja Petugas, Menag: Tetap Fokus, Urusan Politik, Saya yang Tanggung

Imbas lainnya adalah ditiadakannya layanan makanan untuk jemaah haji Indonesia, yaitu tanggal  7, 13, 14 dan 15 Zulhijah. Untuk mengatasi ketiadaan makanan, saya dan istri membeli makanan yang ada di warung di sekitar hotel, baik nasi putih atau pun makanan khas Timur Tengah.

Untungnya, ada sejumlah jemaah haji yang dermawan mentraktir makan untuk jemaah haji rombongan kami dengan nasi briyani, nasi kebuli dan sebagainya. Terasa ada kebersamaan dan kekompakan.

Halaman Selanjutnya
img_title