INFO HAJI: Aturan Badal Bagi Orang yang Meninggal Dunia atau Tidak Mampu Secara Fisik atau Finansia

Jemaah Haji sedang Tawaf di Ka'bah
Sumber :
  • pexels

Wisata – Menunaikan ibadah haji merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim yang sudah memenuhi syarat-syarat tertentu, sebagaimana disebutkan dalam Al Quran:

INFO HAJI 2024: Karti Identitas Harus Dipakai Jemaah Haji, Agar Mudah Dikenali Bila Tersesat

 Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, (yaitu bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Siapa yang mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu pun) dari seluruh alam." (QS. Ali Imran: 97).

 Ibadah haji adalah perjalanan menuju Makkah untuk melakukan Tawaf, Sa'i, Wukuf atau berdiam di Arafah serta ibadah-ibadah lainnya yang sesuai tuntunan agama Islam. Ibadah ini hanya diwajibkan sekali seumur hidup, apabila mampu secara fisik maupun finansial.

Pesawat Jemaah Haji Gowa Kembali Mendarat, JCH Ucap Terima Kasih atas Doa

Jika ada seseorang yang mampu secara fisik dan finansial terhalang melaksanakan ibadah haji hingga ajal menjemput atau karena uzur sehingga tidak bisa menjalankan ibadah haji, maka kewajiban itu bisa dilaksanakan oleh orang lain, bisa dilakukan oleh anak atau sanak keluarganya atau orang lain yang bisa dipercaya.

Menghajikan orang yang sudah meninggal atau orang yang sudah tidak mampu melaksanakan karena uzur, dinamakan badal haji. Ada perbedaan pandangan di kalangan ahli fiqih terkait masalah badal haji.

Pesawat Garuda Angkut Jemaah Haji Kembali Mendarat, Bagian Mesin Terbakar

Dalam hal ini, dilansir dari bahtsul masail NU mengenai hukum menghajikan orang tua yang sudah wafat, mazhab Syafii  menyatakan orang yang menjadi badal atau menggantikan haji orang lain, termasuk orang tuanya yang telah wafat disyaratkan sudah berhaji terlebih dahulu bagi dirinya sendiri. Bila ia belum berhaji, maka tidak cukup atau tidak boleh untuk menggantikan haji orang lain, 

عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا، أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم سَمِعَ رَجُلًا يَقُولُ: لَبَّيْكَ عَنْ شُبْرُمَةَ. قَالَ: مَنْ شُبْرُمَةُ؟ قَالَ: أَخٌ  أَوْ قَرِيبٌ لِيْ. قَالَ: حَجَجْتَ عَنْ نَفْسِكَ؟ قَالَ: لَا. قَالَ: حُجَّ عَنْ نَفْسِكَ، ثُمَّ حُجَّ عَنْ شُبْرُمَةَ. رواه أبو داود والدار قطني والبيهقي وغيرهم باسانيد صحيحة

Halaman Selanjutnya
img_title