Launching Asosiasi Robot Industri Indonesia akan Digelar di INTI 2024, Tanggal 12 Agustus 2024

Robotic salah Satu Peserta INTI 2023
Sumber :
  • Handoko/Istimewa

Jakarta, WISATA - Dalam rangka memajukan industri robotik di Indonesia, peluncuran Asosiasi Robot Industri Indonesia (ASRII) akan diadakan di Indonesia Technology and Innovation 2024 (INTI 2024) yang berlangsung pada tanggal 12-14 Agustus 2024 di Jakarta International Expo (JI Expo). Acara ini menjadi bagian penting dari serangkaian pameran teknologi dan inovasi terbesar di Indonesia, yang juga mencakup beberapa sub-event penting lainnya.

APJII: Memacu Pertumbuhan Ekosistem Data Center Nasional untuk Masa Depan Digital

ASRII didirikan sebagai organisasi yang berdedikasi untuk memajukan dan mengembangkan industri robotik di negara ini. Organisasi ini bertujuan untuk menghubungkan para profesional, perusahaan, akademisi, dan pemerintah untuk bekerja sama dalam menciptakan ekosistem yang mendukung inovasi dan penerapan teknologi robotik di Indonesia.

Malik Khidir, Ketua Umum Terpilih ASRII, menyatakan bahwa tujuan utama asosiasi ini adalah menjadi pemimpin dalam memajukan dan mengembangkan industri robot di Indonesia menuju masa depan yang inovatif, berkelanjutan, dan berdaya saing global. "Kami berkomitmen untuk mendorong inovasi dan kerjasama yang erat antar sektor untuk meningkatkan kapabilitas industri robotik domestik," ujar Malik.

APJII Dorong Penguatan Infrastruktur Data Center untuk Ketahanan Digital Indonesia

Dalam peluncurannya, ASRII mengumumkan beberapa strategi utama, termasuk pengembangan standar industri, pelatihan dan sertifikasi profesional, serta advokasi kebijakan yang mendukung pertumbuhan industri robotik. ASRII juga berencana untuk mengadakan konferensi dan workshop reguler yang akan menampilkan para ahli teknologi robotik terkemuka dari dalam dan luar negeri.

INTI 2024 akan menyaksikan kehadiran berbagai peserta internasional dari China, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Vietnam, Thailand, serta beberapa negara Eropa, Amerika, dan Australia. Kehadiran internasional ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih luas dan peluang kerja sama antar negara dalam pengembangan teknologi robotik.

Israel: Dari Startup ke Superpower Cybersecurity Global

Industri robotik telah menjadi salah satu pilar penting dalam transformasi industri modern. Dengan penerapan robotika, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan keamanan kerja. Oleh karena itu, pengembangan industri robotik di Indonesia dianggap krusial untuk meningkatkan daya saing nasional.

Data terbaru menunjukkan bahwa investasi di sektor robotik di Indonesia meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut data dari Kementerian Perindustrian, investasi di sektor ini tumbuh lebih dari 50% dalam lima tahun terakhir, menandakan peningkatan kebutuhan dan penerapan teknologi robotik dalam berbagai sektor industri.

Halaman Selanjutnya
img_title