Dari Pada Bunuh Diri, Orang Jepang Sekarang Lebih Memilih ‘Jouhatsu’, Apa itu?

Menghilang dan Tak Dikenali
Sumber :
  • pixabay

WisataJepang yang dikenal dengan budaya malu dan hormat, mempunyai angka bunuh diri yang tinggi. Secara historis,  sikap budaya terhadap bunuh diri di Jepang digambarkan  sebagai toleransi dan dianggap terhormat.

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Hasil Drawing Tahap Ke-3, Indonesia di Grup C, Grup Neraka

Namun, sekarang ada fenomena yang disebut jouhatsu yang dipilih orang Jepang alih-alih bunuh diri. Setiap tahun sekitar 70 sampai 100 orang melakukan jouhatsu. Dan aktivitas ini tidaklah illegal di Jepang. Apa itu jouhatsu

Dikutip dari yougojapan.com, arti dari jouhatsu adalah menguap. Istilah ini berkaitan dengan orang yang sengaja menghilangkan diri, seperti meninggalkan kehidupan dan identitas diri mereka untuk melarikan diri ke tempat lain.

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Pukul 14.00 WIB Nanti, Drawing Putaran Ketiga, Ini Live Streamingnya

Apa yang menyebabkan orang Jepang melakukan jouhatsu? Sebenarnya untuk waktu tertentu orang-orang yang melakukan jouhatsu tidaklah diketahui. Dengan kata lain kelompok mereka benar-benar tersembunyi. Namun, sekarang telah banyak vlogger dan influencer yang mengungkap fenomena dan tindakan jouhatsu tersebut. 

Setiap orang pasti mempunyai sebab yang berbeda ketika mereka memilih untuk melakukan jouhatsu. Ada beberapa hal yang secara umum menjadi penyebabnya, yaitu:

Mulai 1 Juni 2025, SIM Indonesia Berlaku di Negara Asia Tenggara, Yuhuuu....

Baca juga: Inspirasi dari Jepang: Membangun Masa Depan yang Sukses dari Model Pendidikan Terbaik

Utang 

Halaman Selanjutnya
img_title