Merespons Perkembangan Teknologi AI: Langkah Indonesia Menuju Masa Depan yang Inklusif

Wamenkominfo Dorong Pengembangan Kebijakan Afirmatif AI
Sumber :
  • Komimfo.go.id

Jakarta, WISATA – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) di seluruh dunia, masyarakat global kini semakin gencar mengambil langkah-langkah untuk merespons dampak dan potensi teknologi ini. Langkah-langkah tersebut meliputi pengembangan panduan etika, tata kelola yang baik, hingga perjuangan untuk kesetaraan dalam transfer teknologi dan pengetahuan. Di Indonesia, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, mendorong para pemangku kepentingan untuk memaksimalkan manfaat teknologi AI melalui kebijakan yang afirmatif.

Pasca Serangan terhadap PDN: Bagaimana Keamanan Data di Indonesia, Mana yang Mendesak Dibenahi

Pentingnya Kebijakan Afirmatif dalam Pengembangan AI

Dalam Keynote Speaker pada Diskusi Publik Bisnis Indonesia: Membangun Regulasi Tata Kelola AI untuk Indonesia: Substansi dan Proyeksi, yang diselenggarakan di Jakarta Pusat pada Rabu (26/06/2024), Wamen Nezar Patria menekankan pentingnya menyerap aspirasi terkait masa depan regulasi AI di Indonesia. Menurutnya, kebijakan afirmatif yang tepat akan memungkinkan Indonesia untuk memanfaatkan teknologi AI secara optimal.

Memahami Cara Bekerja Brain Cipher Ransomware yang Menyerang Pusat Data Nasional

"Saya titip agar dapat menyerap aspirasi tentang masa depan regulasi AI di Indonesia serta menggali kebijakan afirmatif seperti apa yang perlu dilakukan agar Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari AI secara optimal," ungkap Nezar.

Peluang dan Tantangan Pengembangan AI di Indonesia

Mengenal Ransomware Brain Cipher yang Menyerang PDN dan Membuat Layanan Umum Terganggu

Nezar Patria menilai bahwa pengembangan teknologi AI membuka peluang besar bagi negara-negara Global South, termasuk Indonesia. Selain dapat menjembatani kesenjangan digital, pemanfaatan AI di sektor ekonomi dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam berbagai usaha.

"Dan kita saksikan sekarang adopsi AI banyak sekali dilakukan oleh korporasi-korporasi mulai dari customer service sampai dengan pengolaan data, baik untuk kepentingan marketing, produksi, dan lain sebagainya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title