INFO HAJI 2024: Info Terbaru, 46 Kloter Jemaah Haji Gelombang I Pulang dari Madinah

Garuda Indonesia
Sumber :
  • kemenag.go.id/Istimewa

Makkah, WISATA – Saat ini, operasional penyelenggaraan ibadah haji memasuki tahap pemulangan.

Sejak tanggal 22 Juni 2024, secara bertahap jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang I pulang ke tanah air.

Sedianya, 229 kelompok terbang (kloter) yang berangkat pada gelombang I, pulang melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jedah.

Sebab, mereka pada saat kedatangan di tanah suci, mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.

Kini, maskapa pesawat Garuda Indonesia melakukan penyesuaian jadwal sehingga 46 kloter jemaah haji gelombang I yang tiba di tanah suci di Madinah, akan kembali ke tanah air juga melalui Madinah.

“Pada Fase II operasional penerbangan haji ini, Garuda Indonesia juga turut menyesuaikan jadwal dan asal pemulangan para jemaah pada beberapa kloter dari Bandara Internasional King Abdulaziz, Jedah dan Bandara Internasional Prince Muhammad bin Abdul-Aziz, Madinah,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra melalui siaran pers, Minggu (24/6/2024).

Atas perubahan jadwal kepulangan ini, Garuda Indonesia menjanjikan untuk terus mengedepankan layanan terbaik bagi para jemaah yang terdampak.

"Berbagai mitigasi operasional juga terus kami optimalkan dengan memperhatikan kesiapan aspek operasional di bandara beberangkatan dari Madinah dan Jedah. Kami akan terus berkoordinasi bersama otoritas penerbangan serta Kementerian Agama RI jika dirasa perlu adanya penyesuaian operasional dalam memastikan kelancaran flow pemulangan para jamaaah haji Indonesia,” papar Irfan.

“Lebih lanjut, kami juga akan mengintensifkan koordinasi dengan Kementerian Agama RI serta stakeholder terkait demi memastikan kenyamanan para jemaah yang terdampak penyesuaian tersebut dapat berjalan optimal, di antaranya dengan menyediakan akomodasi, transportasi, serta konsumsi selama perjalanan jemaah antara Madinah dan Jedah,” sambungnya.

46 kloter yang disesuaikan jadwal kepulangannya oleh Garuda Indonesia menjadi dari Bandara AMAA, Madinah adalah:

1. Embarkasi Banjarmasin (BDJ): BDJ-1, BDJ-2, BDJ-4, dan BDJ-7
2. Embarkasi Balikpapan (BPN): BPN-1
3. Embarkasi Medan (KNO): KNO-2, KNO-3, KNO-4, KNO-7, KNO-8, dan KNO-9
4. Embarkasi Padang (PDG): PDG-3, PDG-6, dan PDG-8
5. Embarkasi Solo (SOC): SOC-1, SOC-2, SOC-3, SOC-5, SOC-10, SOC-11, SOC-15, SOC-16, SOC-17, SOC-19, SOC-20, SOC-21, SOC-23, SOC-24, SOC-25, SOC-26, SOC-29, SOC-30, SOC-31, SOC-33, SOC-34, SOC-35, SOC-36, dan SOC-38
6. Embarkasi Makassar (UPG): UPG-1, UPG-3, UPG-5, UPG-7, UPG-8, UPG-10, UPG-13, UPG-14

(Sumber: kemenag.go.id)

INFO HAJI 2024: Keterlaluan....Jemaah Haji BPN-09 Delay 28 Jam, Kemenag: Garuda Tidak Profesional