Penanaman Kopi di Bawah Tegakan Hutan, Kerjasama Perhutani dan Masyarakat Desa Hutan Ciburuy

Kopi Ciburuy
Sumber :
  • Wisata/Handoko

Bandung Selatan, WISATA- Perhutani, Badan Usaha Milik Negara yang bertanggung jawab atas pengelolaan hutan di Indonesia, telah menjalin kerjasama kemitraan yang erat dengan masyarakat desa sekitar hutan yang dikelolanya. Melalui berbagai pola kemitraan yang telah diterapkan, kedua belah pihak berupaya meningkatkan pengelolaan hutan dengan lebih efektif.

Aristoteles dan Alexander Agung: Karya Besar dari Guru dan Murid yang Menguatkan Peradaban

Sejak tahun delapan puluhan, kerjasama antara Perhutani dan masyarakat desa sekitar hutan telah berlangsung. Pola kerjasama ini dikenal dengan sebutan "mantri hutan" yang melibatkan masyarakat dalam pengelolaan hutan, terutama untuk tanaman yang tumbuh di bawah tegakan utama seperti jagung, padi gogo, talas, singkong, dan berbagai tanaman lainnya. Tanaman tahunan seperti kopi dan kapolaga juga diijinkan tumbuh di bawah tegakan pohon jati atau tanaman rimba, asalkan tidak mengganggu tanaman pokok.

 

EKOWISATA: Strategi Pemasaran Terbaik untuk Pengembangan Destinasi Ekowisata

Kopi Ciburuy

Photo :
  • Wisata/Handoko

Namun, pada saat reformasi tahun 1998, sebagian besar hutan yang dikelola oleh Perhutani di pulau Jawa mengalami penjarahan. Melihat kondisi tersebut, Perhutani menciptakan pola kerjasama baru yang disebut Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Untuk mendukung pengelolaan hutan di tingkat desa, didirikanlah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

EKOWISATA: Inovasi Manajemen dalam Pembangunan dan Pengelolaan agar Menarik Pengunjung

Meskipun terdapat perbaikan sistem pengelolaan hutan melalui pola PHBM dan LMDH, beberapa pihak menganggap masih kurang efektif karena masih banyak terjadi degradasi hutan Jawa dari tahun ke tahun. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan Perhutanan Sosial pada tahun 2017.

Salah satu hasil dari sistem PHBM melalui LMDH adalah kerjasama penanaman kopi di bawah tegakan hutan, seperti yang terjadi di BKPH Bajaran KPH Bandung Selatan, tepatnya di Kampung Ciburuy, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung Selatan.

Halaman Selanjutnya
img_title