BOYOLALI: Membanggakan, Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar, Sukses Menari di IKN

Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kab. Boyolali 2024 ke Nusantara
Sumber :
  • boyolali.go.id

Samarinda, WISATA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Jawa Tengan mengirim Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2024 ke Nusantara.

Tahun 2024 ini, diberangkatkan 20 pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Boyolali yang telah dibekali dengan sejumlah kemampuan, baik akademik maupun kemampuan seni budaya.

Selanjutnya, rombongan Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2024 serta Tim Pendamping diberangkatkan ke Pulau Kalimantan pada Jumat-Selasa (20-24/09/2024).

Pementasan pertama digelar di acara Kaltim Museum Expo 2024 di Big Mall Samarinda, pada Sabtu (21/09/2024).

Berikutnya, di hari kedua, Minggu (22/09/2024), mereka tampil di Desa Adat Pampang, Samarinda.

Ketua rombongan Duta Seni yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Supana menyampaikan terima kasih, karena telah menerima kedatangan rombongan dari Kota Susu ini.

“Saya beserta rombongan dari Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali. Jadi kami datang, dengan membawa rombongan seniman seni tari yang sudah kami didik di Kabupaten Boyolali,” ujarnya.

Adam tiga tarian yang ditampilkan para Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali Tahun 2024 ini.

Tiga tarian tersebut adalah Tari Sekar Merapi yang menggambarkan gadis yang memiliki karakter seperti Dewi Srikandi, cantik anggun dan juga tangguh.

Tari kedua, yaitu Tari Soreng dari Boyolali, yang menggambarkan semangat dari masyarakat Boyolali yang memiliki etos kerja berkekuatan kuda.

Hal itu dibuktikan dengan beberapa tempat di Boyolali terdapat makam kuda, sehingga kekuatan masyarakat Boyolali dalam menapaki kehidupan di wilayah pegunungan menjadi latar belakang terciptanya Tari Soreng.

Tari ketiga yang disajikan adaalah Tari Garuda Nusantara, menceritakan gula kelapa merah dan putih, Sang Dwi warna berkibar membakar semangat jiwa bangsa Indonesia.

Sang Saka menjadi simbol bersatu, satu rasa, satu jiwa, satu tujuan dengan dasar Pancasila dan Burung Garuda menjadi simbol bagi generasi muda untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kunjungan ke Kalimantan ditutup oleh Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali Tahun 2024 dengan pentas seni di kompleks Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada sore harinya.

Usai dari Kota Samarinda, rombongan akan bersiap menuju dua kota selanjutnya, yaitu Kota Malang, Jawa Timur dan Bali pada bulan Oktober 2024.

(Sumber: boyolali.go.id)