Gelaran Gastronosia: Dari Borobudur untuk Dunia - Perjamuan Shima, Berupa Sejarah Masakan Indonesia

masakan Indonesia
Sumber :
  • IG/gastronosia

WISATA – Salah satu program prioritas Pemerintah Indonesia yakni Gastrodiplomacy Series, yaitu dengan telah digelarnya “Gastronosia: Dari Borobudur untuk Dunia - Perjamuan Shima,” yang merupakan rekonstruksi mahakarya kuliner asli Indonesia Abad VIII - X di era Kerajaan Mataram Kuno. Gelaran ini merupakan kerjasama Kementerian Luar Negeri dengan Indonesian Gastronomy Community (IGC).

KBRI Phnom Penh Ajak Pengusaha Muda Kamboja Jajaki Peluang Bisnis dengan Indonesia

Indonesian Gastronomy Community adalah sebuah komunitas non-profit Pecinta Makanan Indonesia yang mempunyai visi sebagai pelestari makanan dan minuman bertekad memperkuat makna Indonesia melalui kuliner anak bangsa. Hal ini untuk menghargai kekayaan makanan dan minuman Indonesia mulai dari nilai sejarah hingga tren masa kini.

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu, Siti Nugraha Mauludiah menyambut baik niatan kerja sama tersebut. Beliau mengungkapkan bahwa bagi Indonesia, rempah-rempah bukan sekedar bahan baku namun rempah juga membawa sejarah perdagangan dan budaya yang menjadikan Indonesia sebagai jejak rempah dunia. Sementara Ketua Umum IGC menyampaikan bahwa kegiatan ini diusung untuk memperkenalkan sejarah dan perkembangan masakan Indonesia dari masa ke masa yang menghubungkan masakan Indonesia pada masa lampau, saat ini dan di masa depan.

Indonesia Jajaki Potensi Kerjasama Bidang Pendidikan dengan Hong Kong

Perjamuan Shima

Photo :
  • IG/gastronosia

Sebagian besar tamu undangan adalah diplomat asing di Jakarta. Duta Besar India untuk Indonesia, H.E. Sandeep Chakravorty, menyampaikan apresiasi atas jamuan ini dikarenakan rasa yang autentik serta upaya Indonesia untuk melestarikan budaya melalui kuliner. Dubes menyampaikan niatannya untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam bidang gastronomi untuk merayakan 75 tahun hubungan RI-India tahun depan.

Diskusi tentang Online Scamming untuk Pemahaman Publik, Jumlahnya Meningkat Delapan Kali Lipat!

Acara ini menggandeng Chef Sumartoyo untuk merekonstruksi sajian yang terpahat di relief Candi Borobudur. Upaya rekonstruksi ini sudah berjalan sejak 2017 oleh tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah. Pada akhirnya disimpulkan bahwa makanan yang diangkat dalam perjamuan ini adalah yang dipergunakan pada jamuan upacara penetapan Shima yang menghabiskan 57 karung beras, menyembelih 6 kerbau, dan 100 ekor ayam.

Halaman Selanjutnya
img_title