GORONTALO: Festival Maleo Gorontalo 2023, Sore ini Dibuka di Tepi Danau Perintis

Festival Maleo Gorontalo 2023, Sore ini Dibuka, Jangan Terlewat
Sumber :
  • infopublik.id

Gorontalo, WISATA – Rangkaian pembukaan Festival Maleo Gorontalo 2023 menyambut peringatan Hari Maleo Sedunia (International Maleo’s Day) Sabtu sore nanti, akan digelar di Danau Perintis, di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo pada pukul 15.30 WITA.

Sebelum kegiatan seremonial dimulai, pengunjung akan dihibur oleh penampilan Vina Bobby dengan lagu-lagu merdunya.

Penampilan Vina Bobby ini juga bisa dinikmati secara daring (online).

“Tenda dan segala perlengkapan sudah kami pasang di lokasi acara yang berada tepat di Danau Perintis,” ujar Yudiawan Maksum selaku Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (18/11/2023).

Selain musik, di awal Festival Maleo Gorontalo 2023, para pengunjung juga akan disuguhi tarian kreasi baru yang akan dibawakakan oleh siswa-siwi SMP Negeri Suwawa.

Ada juga suguhan atraksi musik etnik Polopalo dari pelajar SMP Negeri 1 Tilong Kabila.

Kreativitas musik etnik dari sekolah ini, meraih prestasi medali emas tingkat nasional tahun 2023.

“Rencananya Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli yang akan membuka kegiatan ini, sejumlah undangan dan lembaga dari berbagai daerah, sudah mengonfirmasi untuk hadir di acara ini,” lanjut Yudiawan.

Yudiawan menambahkan, pembukaan Gorontalo Maleo’s Day ditandai dengan pemukulan Polopalo bersama oleh Forkopimda, Pemprov Gorontalo, Balai TNBNW, Program Manajer WCS, Biota, RRI dan tamu undangan VIP lainnya.

Festival Maleo Gorontalo 2023 juga dimeriahkan dengan pameran UMKM, fotografi, dan booth travel fair.

“Sebagai sajian utama musik malam minggu ini adalah penampilan Andre Tahaku. Juga ada Senam Sehati Tamang Pung Kisah pada hari Minggu besok dan Senin, ada fashion show baju sulaman karawo,” tutur Yudiawan Maksum.

Rangkaian Festival Maleo Gorontalo 2023 merupakan kegiatan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), Wildlife Conservation Society (WCS) dan Perkumpulan Biodiversitas Gorontalo (BIOTA).

Kolaborasi kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 18 hingga 25 November 2023.

Festival Maleo Gorontalo 2023 juga akan dimeriahkan dengan lomba foto satwa liar, video/reels ekowisata, sosialisasi kunjungan ke beberapa sekolah, maleo foster parent, talk show di radio RRI dan Radio Suara RH, lomba mewarnai gambar maleo, peluncuran Lombongo Food Court, pasar UMUM, release chick maleo dan sejumlah hiburan.

Selain itu juga ada simposium maleo yang akan dilaksanakan di Palu, Sulawesi Tengah.

Hari Maleo Sedunia diperingati setiap tanggal 21 November.

Tahun ini, peringatan hari maleo sedunia dilakukan secara kolaboratif oleh sejumlah lembaga dan instansi.

Secara terpisah Aryanto Husain selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menjelaskan, kolaborasi penyelenggaraan Festival Maleo Gorontalo 2023 sudah dimulai jauh hari, dari proses brainstorming awal, curah pendapat hingga kegiatan di lapangan saat ini.

Aryanto berharap kolaborasi ini akan terus berjalan di tahun-tahun mendatang, untuk menyukseskan Festival Maleo Gorontalo sebagai upaya konservasi burung maleo melalui berbagai kegiatan dalam festival dan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

"Puncak acaranya, nanti pada 25 November 2023 yang dipusatkan di objek wisata alam Lombongo," kata Aryanto Husain selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

(Sumber: infopublik.id)

Asal-usul Gohyong - Salah Satu Kuliner yang Sedang Populer, Begini Cara Membuatnya!