ICAD 13: Menjelajahi Seni dengan Tema Feel-Good Lab di Grand Kemang Hotel, Jakarta

Pameran ICAD
Sumber :
  • IG/idemate

WISATA – Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) adalah sebuah pameran seni dan desain kontemporer yang diselenggarakan setiap tahun di Grand Kemang Hotel, Jakarta Selatan. Pada tahun 2023 ini, ICAD menggelar pameran ke-13 dengan tema Feel-Good Lab. Tema ini dipilih sebagai manifesto kuratorial yang meyakini penciptaan kondisi dimana manusia merasa selaras dengan praktik karya yang dilakukan sehari-hari. Mengenali hak-hak untuk mewujudkan perasaan sejahtera secara emosional di dunia saat ini. Pameran ICAD 13 juga diperlakukan sebagai laboratorium eksperimental untuk mencapai atau mengungkapkan pemikiran kritis seputar keadaan ini.

Proyeksi Ekonomi Global dan Dampaknya Terhadap Indonesia: Analisis Terkini

Pameran ICAD 13 menampilkan 54 karya dari 54 seniman dan desainer yang berasal dari berbagai latar belakang dan generasi. Karya-karya ini menawarkan pandangan yang lebih detail tentang berbagai gagasan mengenai kepedulian, humor, perasaan bahagia dan emosi-emosi kontras yang ada di sekitarnya. Pameran ICAD 13 juga menantang para seniman untuk merespons ruang publik di hotel sebagai area pameran. Sehingga akan mendekatkan karya seni kepada pengunjung.  

 

JAY IDZES: Tetiba, Media Italia Soroti Jay di Timnas, Ada Apa?

Icadartura

Photo :
  • IG/idemate

Pameran ICAD

Photo :
  • IG/idemate
Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Salah satu karya yang menarik perhatian adalah karya Jalanpulang yang berjudul “Jaring”. Karya ini berupa instalasi berbentuk jaring yang menutupi sebagian besar fasad gedung GrandKemang Hotel. Jaring ini melambangkan hubungan antara manusia dengan lingkungan, serta bagaimana manusia dapat membangun jarring-jaring solidaritas menghadapi tantangan zaman. Karya lain yang tidak kalah menarik adalah karya Rara Sekar dan Rangga Kuzuma yang berjudul “Belantara”. Karya ini berupa instalasi suara yang dipasang di dalam lift hotel. Karya ini mengajak pengunjung untuk merasakan sensasi berada di tengah hutan belantara dengan suara-suara binatang dan alam.

Halaman Selanjutnya
img_title