WISATA KULINER : 4 Kuliner Khas Luwu yang Memberikan Petualangan Gastronomi yang Menakjubkan

Sinole
Sumber :
  • IG/fotoproduct.jayapura

Luwu, WISATA – Kabupaten Luwu yang terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia, tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona, tetapi juga kekayaan warisan kulinernya. Selain Kapurung yang sudah dikenal masyarakat luas, berikut ini empat kuliner unggulan lainnya di Kabupaten Luwu yang tak kalah lezatnya, yaitu Lawa, Pacco, Dange, dan Sinole.

Mengenal Kapurung, Makanan Tradisional Masyarakat Luwu, Ini Resep dan Cara Membuatnya

 

Kapurung

Photo :
  • IG/eateriesstar
REMBANG: Jangan Lupa, Rembang Expo 2024 akan Digelar pada 22 Hingga 28 Juli 2024

1. Lawa adalah hidangan ikan laut segar yang disajikan mentah, mirip dengan sashimi atau sushi ala Jepang. Namun, lawa memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dan unik. Makanan tradisional ini terkenal di seluruh Luwu, baik di Kabupaten Luwu Raya, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo.  Lawa biasanya dibuat dengan menggunakan ikan teri sebagai bahan dasarnya. Ikan teri segar yang sudah dibersihkan dan dicuci ulang direndam dalam air bercampur larutan cuka atau perasan jeruk nipis. Lawa memiliki rasa yang segar, asam, pedas, dan gurih. Tekstur daging ikannya lembut dan kenyal. Lawa biasanya dimakan bersama dange, olahan makanan dari sagu yang menyerupai roti kering berbentuk persegi panjang.

 

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Pengamat Asing, Timnas Indonesia Garuda Bisa Lolos dari Dampingi Arab

Lawa

Photo :
  • IG/kuliner_luwu

2. Dange juga merupakan kuliner khas Luwu yang dibuat dari sagu yang dibakar. Meskipun di tempat lain ada juga makanan yang mirip dengan dange, namun dari cara pembuatan dange di Luwu, membuat makanan ini menjadi khas dan unik. Di Kabupaten Luwu dange dibuat dengan cara dibakar dengan cetakan tanah liat berbentuk kotak-kotak yang disebut tungku. Dange memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah. Biasanya dange disantap bersama lawa atau ikan bolu alias ikan bandeng bakar.

Halaman Selanjutnya
img_title