WISATA KULINER: Nasi Lodeh Mbok Semah, Paling Enak Se-Jombang, Pembelinya sampai Antre Panjang

Nasi Lodeh dengan Kering Tahu dan Babat
Sumber :
  • Instagram/jombangculinary

Jombang, WISATA – Hanya nasi lodeh saja, pembelinya ramai sekali sampai antre panjang. Kuliner yang satu ini bisa ditemui di Jombang, bernama Nasi Lodeh Mbok Semah, nama yang telah menjadi jaminan makanan sederhana yang enak dan nagih.

Inilah 5 Kuliner Legendaris di Kota Blitar yang Menggugah Selera, Sayang Jika Dilewatkan

Nasi lodeh bisa dikatakan masakan biasa, setiap rumah juga pasti pernah membuatnya, namun dengan berjualan nasi lodeh, warung Mbok Semah mendapatkan pembeli dari berbagai daerah, bukan hanya di Jombang saja, bahkan pembeli yang dari luar kota sering kali merindukan nasi lodeh ini. 

Dikutip dari jombangkab.go.id, Nasi Lodeh Mbok Semah  adalah kuliner legendaris yang telah berdiri sejak tahun 80-an. Bahkan nasi lodeh ini merupakan idola pejabat-pejabat negara, karena sangat terkenal sampai luar Jombang.

Inilah 9 Top Kuliner di Magelang yang Menggoda Selera

Nasi Lodeh Mbok Semah berlokasi di Dusun Kapas, Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Warung ini menjual nasi lodeh dengan berbagai macam lauk, seperti ayam goreng, daging dan jeroan sapi. Nasinya disajikan dalam sebuah pincuk daun pisang yang menambah sedap rasa nasi lodehnya. Setelah nasi dimasukkan dalam pincuk langsung diberi sayur lodeh yang terdiri dari nangka muda, kacang panjang dan labu dengan kuahnya yang panas, kemudian ditambah kering tahu dan lauk sesuai pesanan pembeli, bisa empal, ayam atau jeroan seperti paru dan babat lalu tak lupa kerupuk aci sebagai pelengkap. Selain lodeh, ada juga telur dan tahu bumbu bali.

Nasi Lodeh Disajikan dalam Pincuk daun Pisang

Photo :
  • tangkap layar facebook/kulineran jawa
Bencana Tanah Gerak di Jombang, Belasan Rumah Ambles

Yang khas dari Nasi Lodeh Mbok Semah selain wadah makannya menggunakan pincuk daun pisang, proses memasaknya juga masih menggunakan tungku dan kayu bakar. Sehari warung nasi ini menghabiskan beras sampai 50kg dan karena ramainya sering kali sebelum waktu tutup warung, nasi lodeh sudah habis.

Halaman Selanjutnya
img_title