SOLO: 5 Jajanan Jadul yang Langka dan Legendaris untuk Mengenang Masa Kecil

Cabuk Rambak
Sumber :
  • IG/kuliner_asiksolo

Solo, WISATA Jajanan jadul dan langka adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makanan ringan atau camilan yang populer di masa lalu, tetapi sekarang sudah jarang ditemukan atau bahkan tidak diproduksi lagi. Biasanya jajanan jadul dan langka ini memiliki rasa, bentuk, atau bahan yang unik dan khas, serta mengandung kenangan nostalgia bagi para penikmatnya.

BANYUWANGI: Wisata Kuliner, Yuk Kenalan dengan Kue Klemben Tradisional dari Desa Adat

Setiap tempat mempunyai jajanan atau kue jadul khas daerah tersebut. Di Solo dikenal beberapa kue atau jajanan jadul yang sudah langka dan sulit dicari. Namun beberapa dari jajanan tersebut masih bisa ditemukan di pasar tradisional, atau toko kue lama.

Berikut ini 5 jajanan jadul khas Solo yang sudah langka dan legendaris tersebut :

REMBANG: Saatnya Jajan di Festival Njajan, Sajikan Makanan Legendaris, 13-15 September 2024

1. Kompya : Kompya adalah kue atau roti khas China yang terbuat dari tepung terigu dan gula pasir, yang cara membuatnya dipanggang di dalam tungku tanah liat. Kue kompya juga dikenal dengan nama kompyang. Anda bisa mencari kompya di Pasar Gede Solo, atau di pasar tradisional lainnya.

 

Prakiraan Cuaca Kota Surakarta, Jawa Tengah, Tanggal 6 Juli 2024

Kue Kompya

Photo :
  • Youtube Medali Food

2. Putu Bumbung : Putu bumbung adalah kue putu yang dibuat dengan cetakan bambu. Kue ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa parut. Putu bumbung sangat enak jika dinikmati ketika masih hangat. Anda bisa mencoba putu bumbung yang ada di Jl. Slamet Riyadi Solo.

Halaman Selanjutnya
img_title