PANTAI KUKUP, Pesona Pantai Dangkal dengan Aneka Biota Laut dan Air Jernih

Pantai Kukup, Gunungkidul, Yogyakarta
Sumber :
  • gunungkidulkab.go.id

Yogyakarta, WISATA Pantai Kukup dapat ditempuh dari kota Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan selama 5 jam perjalanan.

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang populer di antara deretan pantai di wilayah ini.

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, sekitar 1 kilometer sebelah Timur obyek wisata pantai Baron atau 25 kilometer ke arah Selatan dari Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta

Jarak dari pusat ibu kota kabupaten Wonosari adalah 59,2 kilometer.

Sejauh ini, medan jalan menuju Pantai Kukup sudah cukup baik, sehingga Anda bisa ke sana menggunakan bus wisata, maupun kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor.

Pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar luas, menambah keindahan pantai.

Pantai Kukup mempunyai daerah laut dangkal yang cukup tenang, berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Daerah dangkal ini dibatasi dengan gundukan terumbu karang pada ujung pantai, seakan melindungi pantai dari hempasan ombak besar.

Daerah dangkal di tepi pantai Kukup tersebut berisi terumbu karang, bintang laut dan berbagai macam ikan hias laut unik dan aneka biota laut lainnya, dapat dengan jelas dilihat dari atas.

Jika terjadi pasang surut, pantai ini masih digenangi oleh air jernih terutama di daerah-daerah rendah yang terisolasi.

Di sini, kita dapat mencari ikan hias yang mungkin terjebak di kubangan tersebut.

Anda bisa berjalan kaki sampai ke ujung pantai, bila laut sedang surut.

Hati–hati dengan keberadaan bulu babi atau landak laut di tempat ini ya, terutama di daearah dangkal yang jernih bersama biota laut lainnya.

Jangan sampai dipegang atau terinjak dengan kaki telanjang, karena bulu babi memiliki duri yang sangat beracun yang dapat menyebabkan infeksi, rasa nyeri, kejang dan ada beberapa kasus dapat menyebabkan henti napas.

Di sebelah Timur dari pantai Kukup, terdapat sebuah pulau karang yang diberi nama Pulau Jumino.

Antara pantai Kukup dan pulau Jumino dihubungkan oleh sebuah jembatan yang dapat dilewati oleh wisatawan yang akan melihat pulau tersebut dari dekat.

Di pulau Jumino, terdapat sebuah gardu pandang yang sengaja dibangun untuk para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut lepas dari pulau.

Sementara di tebing sebelah Barat pantai Kukup, terdapat banyak gua–gua karang yang sering dipakai bermain oleh wisatawan dan tempat berteduh dari teriknya sinar matahari.

Beberapa dari gua tersebut digenangi oleh air laut yang di dalamnya, juga terdapat biota laut lainya.

Fasilitas umum di Pantai Kukup sudah cukup memadai, dengan adanya tempat parkir, kamar mandi, toilet umum, dan tempat ibadah.

Selain itu ada juga fasilitas lain seperti penginapan, warung makan, serta penjual suvenir dan pernak-pernik. Yuk, kita ke sana.

(Sumber:gunungkidulkab.go.id)

GUNUNGKIDUL: 9 Pantai yang Belum Populer, Surga yang Tersembunyi (Bagian 2)