PEKALONGAN: Pertama Kali, Lomba Kreasi Mural Batik dan Museum Semarakkan Hari Batik Nasional

Lomba Kreasi Mural Batik dan Museum Pekalongan, Jawa Tengah
Sumber :
  • pekalongankota.go.id

Pekalongan, WISATA – Memperingati Hari Batik Nasional, Museum Batik Pekalongan, Jawa Tengah, untuk pertama kalinya menggelar lomba kreasi mural dengan tema Batik dan Museum, pada hari Minggu (6/10/2024).

Kepala Museum Batik Pekalongan, Nurhayati Sinaga menjelaskan, lomba kreasi mural ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Batik Spektra 2024, diantara kegiatan lainnya yaitu diskusi inspiratif bersama para ahli, fashion show, lokakarya interaktif tentang cara memakai kain batik dengan berbagai gaya, serta lelang amal yang berasal batik hasil lomba dan akan didonasikan TPQ As-Sakinnah Teman Tuli.

“Berbagai semburat warna budaya, kami munculkan pada kegiatan ini. Lomba kreasi mural ini pertama kita lakukan, berangkat dari keresahan kami, masih banyaknya tindakan vandalisme yang masih ada di masyarakat, sehingga kami ingin memberikan contoh yang bagi orang di luar sana. Kita ajak komunitas atau kelompok ke Museum Batik untuk menuangkan kreativitas mereka di sini. Harapannya, ini bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat secara luas,” ujarnya.

Lomba kreasi mural ini diikuti 20 kelompok, diantaranya berasal dari luar kota seperti Magelang.

Nurhayati berharap, lomba ini dapat menjadi sebuah upaya dari Museum untuk mencegah tindakan vandalisme di Kota Pekalongan.

Selain itu, seluruh kalangan masyarakat, ke depan lebih mencintai Batik dan Museum dengan cara positif mereka masing-masing.

(Sumber: pekalongankota.go.id)

Pengakuan Batik sebagai Warisan Budaya bakal Dicabut UNESCO, Jika Seperti Ini!