BANYUWANGI: Keseruan Sambut Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya yang Tiba

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Banyuwangi
Sumber :
  • banyuwangikab.go.id

Banyuwangi, WISATA – Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya untuk memperingati HUT Ke-79 Provinsi Jawa Timur, tiba di Kabupaten Banyuwangi pada Sabtu sore, 28 September 2024.

Devile Pataka, sebelumnya menempuh perjalanan dari Kabupaten Situbondo menuju Banyuwangi.

Kedatangan kirab Pataka ini disambut meriah dengan kesenian tradisional.

Setiba di Kantor Bupati Banyuwangi, iring-iringan Kirab Pataka disambut penampilan Mustika Barong dan Tari Gandrung sebagai simbol selamat datang menyambut tamu-tamu kehormatan.

Selanjutnya, dilakukan prosesi upacara penerimaan yang dipimpin langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Banyuwangi, Guntur Priambodo.

Upacara ini melibatkan personel Satpol PP, Linmas, Pemadam Kebakaran Penyelamatan, dan ratusan pelajar yang terlihat antusias mengikuti jalannya penerimaan pataka.

Kemudian, prosesi dimulai dengan penyerahan pataka dari Kepala Satpol PP Kabupaten Situbondo, Sopan Effendi, kepada Pj Sekda Guntur, yang kemudian menyerahkannya kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yadmadi.

Kirab tahun ini berlangsung di tengah-tengah tahapan Pilkada serentak 2024, karena itulah, semangat Sigap Pilkada Damai Jawa Timur 2024 menjadi tema pelaksanaan kirab.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Ripta Prasasti yang berisi pesan singkat dari Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.

Guntur mengungkapkan rasa syukurnya atas kedatangan pataka yang berjalan lancar.

Ia pun berharap, momen ini dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk bersama-sama memajukan Jawa Timur.

Guntur menekankan pentingnya sinergi antara Pemprov Jatim dengan kabupaten/kota untuk mencapai target pembangunan yang optimal.

"Pembangunan yang sukses di Jawa Timur sangat bergantung pada sinergi dan kolaborasi yang baik antardaerah. Kami yakin dengan kerja sama antardaerah yang erat, Jawa Timur akan terus berkembang dan maju. Optimis Jatim Bangkit, Majulah Jawa Timur, Majulah Indonesia. Dirgahayu Provinsi Jawa Timur," tandas Guntur.

Kirab Pataka "Jer Basuki Mawa Beya" akan bermalam di Banyuwangi, selanjutnya akan dibawa ke Jember pada Minggu (29/9/2024) pagi.

Dijadwalkan, patak ini akan kembali ke Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 11 Oktober, untuk mengikuti upacara peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur pada 12 Oktober 2024 mendatang.

(Sumber: banyuwangikab.go.id)

AYU TING TING: Ini, 8 Foto Muhammad Fardhana, Disebut-Sebut Calon Suami Ayu Ting Ting