Penataan Destinasi Wisata Unggulan Tondano Selain untuk Pariwisata juga untuk Perekonomian Lokal

Kawasan Wisata Tondano
Sumber :
  • IG/letsavetourism

Tondano, WISATA – Tondano tidak hanya menawarkan keindahan alam dan destinasi unggulan di tanah air, melainkan juga menjadi penggerak ekonomi bagi masyarakat setempat. Dihimpun dari berbagai sumber, nama "Tondano" berasal dari kata "Tou Danow," yang berarti "orang danau," merujuk pada masyarakat setempat yang tinggal di sekitar Danau Tondano.

DESA WISATA: Bagaimana Melakukan Transformasi Desa Ke Desa Wisata Unggulan

Sejak masa kolonial Belanda, Tondano dikenal sebagai kawasan strategis dengan keindahan alam yang luar biasa, yang menjadi magnet bagi wisatawan berkunjung. Kawasan wisata Tondano mencakup wilayah sekitar Danau Tondano yang luasnya mencapai 4.278 hektare. Dengan daya tarik utama pemandangan alam yang memukau dan udara sejuk.

Penataan Kawasan Tondano Minahasa dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Utara Ditjen Cipta Karya dengan total Anggaran sebesar Rp33,5 miliar. Penataan kawasan ini telah selesai dan telah dilakukan serah terima kelola ke pemerintah daerah serta soft opening pada 19 Maret 2024. 

Bagaimana Penganut Bumi Datar Menjelaskan Fenomena Ekuinoks?

Penataan Kawasan Tondano  meliputi revitalisasi berbagai fasilitas seperti:

Jalan Sam Ratulangi: Jalan utama yang kini lebih rapi dan teratur, memudahkan akses ke berbagai objek wisata., Gerbang Plaza: Pintu masuk yang megah dan menarik, menyambut wisatawan dengan kesan pertama yang tak terlupakan., Panggung dan Lapangan Sam Ratulangi (Taman God Bless Minahasa): Tempat pertunjukan seni dan budaya, serta ruang terbuka hijau untuk rekreasi., Promenade: Jalur pejalan kaki yang nyaman di sepanjang tepi danau, menawarkan pemandangan indah dan spot foto menarik., Perbaikan Drainase dan Trotoar: Infrastruktur yang mendukung kenyamanan dan keamanan wisatawan serta penduduk setempat.

Karena Bau Badan yang Tidak Sedap Seorang Wanita harus Ganti Rugi setelah Mencoba 2 Gaun Pengantin

Kawasan Wisata Tondano

Photo :
  • IG/letsavetourism
Halaman Selanjutnya
img_title