JAKARTA: Keren....Pulau Pramuka Lolos dalam 50 Besar ADWI 2024

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber :
  • beritajakarta.id

Jakarta, WISATA - Desa Wisata Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, masuk dalam nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan apresiasi atas capaian Pulau Pramuka yang mampu bersaing dengan 6.016 desa wisata dari seluruh provinsi di Indonesia.

Menurut Sandi, Pulau Pramuka mempunyai beragam destinasi wisata, mulai dari wisata bahari seperti diving, penanaman terumbu karang, lepas tukik, serta pantai sunrise.

Selain itu, ada pula wisata kuliner yang menyuguhkan berbagai ikan segar dan keripik sukun.

"Ini sangat luar biasa dan perlu ditingkatkan ke depannya, dengan harapan pendapatan dan ekonomi bisa meningkat serta masyarakatnya sejahtera," kata Sandi, hari Minggu (18/8/2024).

Sandi menambahkan, untuk memperoleh predikat desa wisata terbaik, sedikitnya ada lima kategori penilaian, yaitu daya tarik wisata, amenitas, digitalisasi desa, kelembagaan desa dan SDM, serta resiliensi atau pengelolaan desa yang berkelanjutan.

"Kami ingin Kepulauan Seribu menjadi destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan, bahkan wisatawan yang berkunjung juga dapat ikut melestarikan alam dan lingkungan," harapnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan (Asminekbang) Kabupaten Kepulauan Seribu, Iwan Samosir menambahkan, kesuksesan ini merupakan hasil kerjasama dan semangat dari seluruh elemen masyarakat dan Forkompikab Kepulauan Seribu.

Ia menambahkan, akan terus melakukan penataan sarana dan prasarana untuk bisa melaju ke tingkat selanjutnya.

"Ini menjadi prestasi yang membanggakan dan menjadi motivasi kami dalam meningkatkan daya tarik desa wisata serta akses dan infrastrukturnya,” tandasnya.

(Sumber: beritajakarta.id)

BANYUWANGI: Kejuaraan Dayung Kano, Ratusan Peserta Adu Cepat Perebutkan Piala Bupati