Laga 'Terakhir' Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA - Pertandingan melawan Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan menjadi laga 'terakhir' Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di kontrak lamanya. Pelatih asal Korea Selatan ini telah melatih Timnas Indonesia sejak Desember 2019 dan selama itu pula, beragam prestasi berhasil diraih oleh skuad Garuda.

SHIN TAE-YONG: Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Akhirnya Angkat Bicara soal Kontrak

Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia ke babak knockout Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Prestasi lainnya termasuk membawa Indonesia meraih Runner Up di Piala AFF 2020 dan Medali Perunggu di SEA Games 2021. Di Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong mencatatkan sejarah dengan membawa Timnas Indonesia U-23 menempati posisi keempat. Ia juga berhasil menaikkan ranking FIFA Indonesia dari 173 ke 134 per April 2024.

Perjalanan Kontrak Shin Tae-yong

SHIN TAE-YONG: PSSI Sampaikan Kabar Terbaru Soal Kontrak Bersama Timnas Indonesia, Ternyata...

Shin Tae-yong resmi dikontrak oleh PSSI pada Desember 2019 dengan durasi empat tahun. Kontraknya kemudian diperpanjang pada Desember 2023 selama enam bulan untuk melihat progres Timnas Indonesia. Pada saat itu, Shin Tae-yong diberikan target untuk membawa Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut bahwa target tersebut merupakan salah satu syarat perpanjangan kontrak bagi STY. "Itu (perpanjangan kontrak) kan sebuah komitmen yang kita sudah sepakat sama-sama bahwa ada target-target untuk pelatih STY sebagai profesional dan dari saya sebagai profesional punya kesepakatan. Jadi sudah ada hal-hal yang disepakati," kata Erick Thohir dikutip dari Antara.

SHIN TAE-YONG: Respons Legenda Timnas Jika STY Batal Perpanjang Kontrak

Target yang Berhasil Dicapai

Target yang diberikan Erick Thohir berhasil dicapai oleh Shin Tae-yong dalam ajang Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024. Oleh karena itu, komitmen Erick Thohir untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong pun akan dipenuhi. "Setelah menikmati makanan khas Korea dan diskusi tentang program Timnas Indonesia hingga 2027, saya dan coach Shin Tae-yong sepakat untuk melanjutkan kerja sama," kata Erick dikutip dari akun Instagram @erickthohir.

Halaman Selanjutnya
img_title