Pelatih Vietnam Kim Sang-sik, Sesumbar: Timnas Indonesia Kuat tapi Bisa Dikalahkan

Skuad Timnas Indonesia
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA - Pelatih Vietnam, Kim Sang-sik, menyatakan bahwa Timnas Indonesia tidak mustahil untuk dikalahkan pada ajang Piala AFF 2024. Pernyataan ini disampaikan setelah dilakukan drawing pada Selasa (21/5), yang menempatkan Vietnam di Grup B bersama Timnas Indonesia, Filipina, Laos, dan Myanmar.

SHIN TAE-YONG: PSSI Sampaikan Kabar Terbaru Soal Kontrak Bersama Timnas Indonesia, Ternyata...

Timnas Indonesia memiliki rekor mengesankan dengan tiga kemenangan beruntun atas Vietnam. Kemenangan terakhir terjadi pada Piala Asia 2023, di mana skuad Garuda meraih kemenangan 1-0 atas The Golden Star Warriors. Selain itu, pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung pada Maret lalu, tim asuhan Shin Tae-yong mencatat dua kemenangan lagi atas Vietnam.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia menang dengan skor 1-0. Ketika bertandang ke markas Vietnam di Stadion My Dinh, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menang dengan tiga gol tanpa balas. Kemenangan ini menempatkan Indonesia di ambang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan lagi dalam pertandingan melawan Irak dan Filipina di Stadion GBK, Juni mendatang.

SHIN TAE-YONG: Respons Legenda Timnas Jika STY Batal Perpanjang Kontrak

Vietnam Berstatus Underdog

Menjelang pertemuan di Piala AFF, Vietnam berstatus sebagai underdog. Rekor buruk dalam tiga laga terakhir serta pergantian pelatih dari Philippe Troussier ke Kim Sang-sik membuat situasi Vietnam semakin sulit. Meski demikian, pelatih Kim Sang-sik tetap optimis dan memberikan komentarnya setelah drawing Piala AFF 2024 digelar.

Program Naturalisasi PSSI: Kontroversi dan Keberhasilan Timnas Indonesia

"Upacara pengundian baru saja berakhir, namun saya sudah bisa merasakan panasnya turnamen sudah dimulai," ujar Kim Sang-sik dikutip dari The Thao 247.

Optimisme Kim Sang-sik

Halaman Selanjutnya
img_title