Jadi Pemain yang Paling Ditakuti Vietnam, Eks Striker Timnas Putuskan Pensiun Dini dan Sekarang Dia.

Striker Timnas Indonesia yang ditakuti Vietnam
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA - Alan Martha, mantan striker muda Timnas Indonesia, sempat menjadi momok menakutkan bagi Vietnam. Dalam Kualifikasi Piala Asia U-16 2008, ia mencetak empat gol saat Garuda Muda berhadapan dengan Vietnam, menjadikannya bintang yang diwaspadai oleh lawan.

TIMNAS U-20 INDONESIA: Jens Raven Cetak Gol Lagi, Suporter Minta Gantikan Rafael Struick

Namun, karier cemerlang Alan Martha tidak berlangsung lama. Ia memutuskan untuk pensiun dari timnas di usia yang masih muda, membuat banyak penggemar sepak bola Indonesia terkejut dan kecewa.

Jejak Karier Alan Martha

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Cerita Mees Hilgers Saat Pilih Indonesia Meski Sempat Debut di Belanda

Sebelum dikenal sebagai pemain yang menakutkan Vietnam, Alan Martha telah menunjukkan bakatnya sejak dini. Ia pertama kali dipanggil ke Timnas Indonesia U-16 untuk Kualifikasi Piala Asia 2008. Dalam turnamen itu, Alan membawa Timnas Indonesia lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Vietnam dengan penampilan luar biasanya.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-19 2010, Alan Martha kembali menunjukkan ketajamannya. Bersama Syamsir Alam, ia menjadi andalan lini serang Timnas Indonesia U-19. Penampilan gemilangnya membuatnya dipilih untuk bergabung dengan skuad SAD Uruguay dari tahun 2008 hingga 2010, di mana ia menimba ilmu sepak bola bersama pemain-pemain muda berbakat lainnya seperti Syamsir Alam dan Yandi Sofyan.

TIMNAS SENIOR INDONESIA: Reaksi Tijjani Reijnders, Usai Adiknya Memilih Bela Timnas Indonesia

Perjalanan di Dunia Sepak Bola

Setelah kembali dari Uruguay, Alan Martha bergabung dengan Sriwijaya FC U-21 dan berhasil meraih gelar juara liga pada tahun 2013. Kesuksesan tersebut membawanya ke tim senior Sriwijaya FC. Namun, kariernya terganggu ketika kompetisi Liga Indonesia dihentikan pada tahun 2015.

Halaman Selanjutnya
img_title