Como, dari Kepemilikan Istri Eks Bintang Persib hingga Promosi ke Serie A

Eks Gelandang Persib Bandung, Michael Essien (kanan).
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, WISATA - Como 1907, klub sepak bola Italia yang baru saja memastikan tiket promosi ke Serie A, memiliki kisah yang erat dengan Indonesia. Dari mantan gelandang Persib Bandung hingga kepemilikan oleh dua orang kaya Indonesia, Como telah menjalin hubungan yang menarik.

Jay Idzes Absen dari Skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Pemilik saat ini dari Como adalah dua pengusaha Indonesia, Robert Budi Hartono dan Michael Budi Hartono, yang juga masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia.

Sebelum menjadi milik duo Hartono, Como sudah memiliki keterkaitan dengan Indonesia melalui sejarah yang menarik. Semuanya dimulai ketika Michael Essien menandatangani kontrak dengan Persib Bandung pada tahun 2017.

Jay Idzes Bawa Venezia FC Promosi ke Serie A, Menambah Warna Baru di Kompetisi Tertinggi Italia

Tidak lama setelah Essien bergabung dengan Persib, sang istri, Akosua Puni, memutuskan untuk membeli Como. Puni membeli Como seharga €237.000 atau sekitar Rp3,3 miliar pada saat itu.

"Nyonya Puni Essien dan tim merasa terhormat dapat menjadi bagian dari klub yang telah memiliki sejarah selama 110 tahun. Para pemilik baru berkomitmen untuk memperkuat tim utama dan sektor pengembangan pemain muda," demikian pernyataan Como pada saat itu.

Jay Idzes Lolos ke Final Playoff Serie A, Shin Tae-yong Pusing Hadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026

Como awalnya terjun ke Serie D atau divisi keempat pada musim 2017/18 karena mengalami krisis keuangan dan tidak memenuhi syarat untuk bermain di Serie C. Namun, di bawah kepemilikan Puni, Como terus dilanda masalah keuangan dan kesulitan membayar gaji para pemainnya.

Akuisisi oleh Grup Djarum

Halaman Selanjutnya
img_title