Dulu Shin Tae-yong Sampai 'Memohon' Pemain-pemain Ini agar Mau Dinaturalisasi, Nah Sekarang?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong asal Korea Selatan
Sumber :
  • pssi.org

Jakarta, WISATA - Proses naturalisasi pemain-pemain keturunan tidaklah selalu berjalan lancar, bahkan pelatih Shin Tae-yong harus rela 'memohon' agar mereka bersedia membela Timnas Indonesia.

Reaksi AFC Terhadap Kegagalan Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade Paris 2024

Keberhasilan Timnas Indonesia dalam mencapai sejumlah prestasi tidak terlepas dari kontribusi besar para pemain keturunan serta kecerdikan Shin Tae-yong dalam merancang strategi.

Beberapa pemain keturunan yang kini telah dinaturalisasi bahkan telah menjadi tulang punggung permainan Timnas Indonesia, membawa tim meraih pencapaian luar biasa seperti Babak 16 besar Piala Asia 2023 dan peringkat keempat Piala Asia U-23 2024.

Erick Thohir Beberkan Rencana Timnas Indonesia Pasca Gagal Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Di antara mereka terdapat nama-nama seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, hingga Jordi Amat.

Meski demikian, ada beberapa pemain keturunan yang akhirnya menolak untuk dinaturalisasi dengan alasan yang bermacam-macam, mulai dari pertimbangan keluarga hingga peluang bermain di timnas lain yang lebih menjanjikan.

PSSI Ungkap Hal Mengejutkan Terkait Kontrak Shin Tae-yong Setelah Gagal Lolos ke Olimpiade

Berikut adalah pemain keturunan yang menolak tawaran bermain di Timnas Indonesia dan bagaimana nasib mereka saat ini:

1.    Emil Audero

Halaman Selanjutnya
img_title