MOTOGP: Layanan dan Fasilitas AP I Grup Siap Sukseskan Perhelatan MotoGP Mandalika 2023
Selasa, 10 Oktober 2023 - 21:04 WIB
Sumber :
- infopublik.id
Jakarta, WISATA – PT. Angkasa Pura I/ AP I (Persero) beserta dua anak usahanya, yakni Angkasa Pura Logistik (APL) dan Angkasa Pura Hotel (APH), berkomitmen untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan MotoGP seri Grand Prix of Indonesia 2023 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, pada 13-15 Oktober mendatang.
Direktur Utama AP I, Faik Fahmi menjelaskan, komitmen untuk mensukseskan penyelenggaraan MotoGP Grand Prix of Indonesia 2023, diwujudkan melalui dukungan dari sisi layanan, fasilitas, dan infrastruktur Bandara Lombok, serta layanan dari dua anak usaha, yakni APL dari sisi penanganan logistik dan APH dari sisi hospitality.
Baca Juga :
DUNIA PENERBANGAN: InJourney Airports Bikin Bandara Soettam Tangerang, Banten Semakin Cantik
AP I, sebelumnya telah menyelesaikan pekerjaan pengembangan Bandara Lombok, meliputi pengembangan runway, terminal penumpang, serta terminal kargo untuk dapat secara optimal melayani operasional pesawat kargo, penanganan logistik tim, serta pelayanan penumpang. Pihaknya juga memastikan kesiapan dari sisi operasional dan layanan bandara untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang, yaitu dengan melakukan penyesuaian waktu operasional bandara, dari yang sebelumnya 14 jam menjadi 24 jam pada 13-16 Oktober 2023.
Dari sisi keamanan dan untuk mendukung operasional harian di bandara, AP I bekerjasama dengan instansi komunitas bandara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, dan KKP untuk menyiagakan 96 personel operasional harian selama pelaksanaan.
"Hingga saat ini, kami mencatat telah menerima 66 permohonan penerbangan tambahan atau extra flights yang diajukan oleh empat maskapai nasional yakni Garuda Indonesia, Citilink, Indonesia AirAsia, dan Super Air Jet, serta satu maskapai internasional yaitu Malaysia Airlines," ungkap Faik Fahmi.
Mulai Selasa (10/10/2023), Bandara Lombok dijadwalkan akan mulai melayani kedatangan para pembalap dan anggota tim peserta kejuaraan.
AP I grup juga turut memastikan layanan dan operasional bandara dapat berjalan secara optimal, serta menimbulkan kesan yang tak terlupakan bagi para pembalap.
Baca Juga :
Wisatawan Mancanegara Terbanyak di Indonesia Berasal dari Malaysia dan Australia pada Agustus 2024
APL memegang peranan penting mulai dari tahap unloading logistik dari pesawat kargo, pengangkutan logistik dari bandara menuju Sirkuit Mandalika, hingga proses pembongkaran kargo ketika tiba di sirkuit. APL juga melayani penanganan kargo milik Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, hingga pengangkutan menuju Sirkuit Mandalika.
APL juga akan berperan dalam pengangkutan logistik dari sirkuit kembali ke bandara untuk proses keberangkatan menuju Australia yang merupakan seri selanjutnya setelah Grand Prix of Indonesia.
Sementara untuk penyediaan layanan hospitality, anak usaha AP I yaitu APH menyediakan layanan fast track penumpang melalui Premium Airport Special Service (PASS), serta layanan Concordia Airport Lounge yaitu layanan VIP yang diperuntukkan bagi penumpang dan peserta kejuaraan.
"Berbagai dukungan yang kami hadirkan ini merupakan wujud nyata atas komitmen AP I Group untuk mendukung pelaksanaan dan kesuksesan perhelatan akbar ini, dimulai dari tahap persiapan, hari H pelaksanaan, hingga after event," pungkas Faik Fahmi.
(Sumber: infopublik.id)