Saat Bangun Pagi Hindari 4 Hal Berikut Ini agar Bahagia Seharian

Perempuan Tidur
Sumber :
  • Pixabay

Malang, WISATA - Pagi hari adalah momen penting yang bisa menentukan bagaimana sisa hari Anda akan berjalan. Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa kebiasaan di pagi hari dapat mempengaruhi suasana hati dan produktivitas sepanjang hari. Berdasarkan penelitian terbaru, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat bangun pagi untuk memastikan Anda tetap bahagia dan produktif seharian. Berikut ini adalah empat hal yang harus Anda hindari:

Sorotan Media: Shin Tae-yong Mengalami Stres Jelang Laga Kontra Irak

1. Menekan Tombol Snooze

Salah satu kebiasaan yang paling umum dilakukan banyak orang adalah menekan tombol snooze pada alarm. Meskipun terlihat sepele, menekan tombol snooze dapat mengganggu siklus tidur dan membuat Anda merasa lebih lelah. Menurut studi dari Sleep Research Society, menekan tombol snooze dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh, yang berperan penting dalam mengatur jam biologis kita. Ritme sirkadian yang terganggu dapat menyebabkan perasaan lelah sepanjang hari dan bahkan mempengaruhi suasana hati secara negatif.

9 Nasihat Bijak Para Filsuf untuk Mereka Para Pemalas

2. Mengecek Ponsel Segera Setelah Bangun

Kebiasaan lain yang sering dilakukan banyak orang adalah langsung mengecek ponsel begitu bangun tidur. Berdasarkan data dari Asosiasi Psikologi Amerika (APA), 79% orang dewasa Amerika mengecek ponsel mereka dalam lima menit setelah bangun tidur. Meskipun data ini berasal dari Amerika, tren serupa juga terlihat di banyak negara termasuk Indonesia. Mengecek ponsel segera setelah bangun dapat meningkatkan tingkat stres dan kecemasan, terutama jika Anda langsung membaca berita buruk atau email pekerjaan yang mendesak. Menghindari ponsel selama setidaknya 30 menit setelah bangun dapat membantu menjaga ketenangan pikiran dan memulai hari dengan lebih positif.

Epikuros: "Tidak Ada yang Cukup untuk Orang yang Menganggap Sedikit Tidak Cukup"

3. Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah makanan yang paling penting dalam sehari, namun sering kali diabaikan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Public Health Nutrition, orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki tingkat konsentrasi yang lebih rendah dan mood yang lebih buruk sepanjang hari. Sarapan yang sehat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh dan otak untuk berfungsi optimal. Nutrisi seperti protein, serat, dan karbohidrat kompleks dapat membantu menjaga tingkat gula darah stabil dan mencegah rasa lelah atau mudah marah di tengah hari.

Halaman Selanjutnya
img_title