Daya Tarik Mars: Bagaimana Interaksi Bumi dengan Planet Merah itu Mendorong Sirkulasi Laut Dalam

Mars, Planet yang Mempunyai Hubungan Istimewa dengan Bumi
Sumber :
  • Instagram/timeoutsg

Malang, WISATA – Ada hubungan erat antara perputaran planet Mars dengan lautan yang ada di Bumi

Dunia dalam Bahaya! Energi Terbarukan adalah Senjata Terakhir Kita Melawan Pemanasan Global

Hubungan itu terkait dengan bertambah dan berkurangnya arus dalam pada periode peningkatan energi matahari dan iklim yang lebih hangat. 

Dilansir dari geologypage.com, para ilmuwan dari Universitas Sydney dan Universitas Sorbonne telah menggunakan catatan geologi laut dalam untuk menemukan hubungan antara orbit Bumi dan Mars, pola pemanasan global di masa lalu dan percepatan sirkulasi laut dalam. 

Waktu Habis! Hanya Energi Terbarukan yang Bisa Menyelamatkan Kita dari Bencana Iklim

Mereka menemukan siklus 2,4 juta tahun yang mengejutkan di mana arus dalam bertambah dan berkurang, yang pada gilirannya terkait dengan periode peningkatan energi matahari dan iklim yang lebih hangat. 

Studi yang dipublikasikan di Nature Communications ini menjawab pertanyaan tentang bagaimana perubahan iklim dalam skala waktu geologis mempengaruhi sirkulasi lautan dan bagaimana hal ini dapat membantu para ilmuwan membuat model dampak iklim di masa depan. Para peneliti mencari tahu apakah arus dasar laut menjadi lebih kuat atau lebih lambat di iklim yang lebih hangat. 

Panel Surya Fleksibel: Masa Depan Energi yang Bisa Dilipat dan Dibawa ke Mana Saja

Siklus ini tidak terkait dengan pemanasan global yang cepat yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca yang dihasilkan manusia. 

Penulis utama ARC Future Fellow Dr Adriana Dutkiewicz dari University of Sydney EarthByte Group di School of Geosciences dan rekan penulis menggunakan lebih dari setengah abad data pengeboran ilmiah dari ratusan lokasi di seluruh dunia untuk memahami kekuatan arus laut dalam sepanjang waktu.

Halaman Selanjutnya
img_title