INSPIRASI: Sinergi Allianz, GIFT dan doctorSHARE untuk Pelayanan Kesehatan di Pulau Terpencil

doctorSHARE, Allianz dan GIFT Lihat Langsung Pelayanan RS Kapal
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, WISATA – Indonesia mempunyai tantangan geografis yang sangat serius dalam menghadirkan akses layanan kesehatan yang berkualitas.

Data BPS (2022) menyebutkan, persentase akses layanan kesehatan dasar di Indonesia di angka 79,33%, sementara berdasarkan laporan Bappenas (2022), ada 11 provinsi di Indonesia, dimana lebih dari 50% desa di wilayahnya, kesulitan akses ke layanan Rumah Sakit.

Kondisi ini kian sulit karena masih jauhnya perbandingan jumlah dokter.

Sesuai standard WHO, idealnya 1:1000 pasien, namun saat ini, masih di angka 1:1.724, sedangkan untuk dokter spesialis di angka 1:6.666.

Terkait dengan keterbatasan layanan kesehatan tersebut, sejak tahun 2013, Yayasan Dokter Peduli mengimplementasikan program Rumah Sakit Kapal untuk melayani masyarakat pulau terpencil di Indonesia.

Pada tahun 2024 ini, doctorSHARE mengoperasikan dua RS Kapal.

Saat ini, melayani Pulau Misool di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya dan Pulau Benjina, di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Makna Kebahagiaan, Kesenangan, dan Kenikmatan Menurut Para Filsuf Muslim

Sinergi Positif Allianz, GIFT dan doctorSHARE di Bidang Kesehatan

Photo :
  • Istimewa
Pada awal tahun 2024 ini pula, lembaga Allianz Regional Asia Pasifik dan Global Institute for Tomorrow ( GIFT ) meluncurkan inisiatif Ascent 2030, bertema Accelerating Healthcare for Indonesia’s Remote Island Communities (Percepatan Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat di Pulau-pulau Terpencil di Indonesia).
Halaman Selanjutnya
img_title