Mosaik Romawi Besar Ditemukan di Bawah Ladang Petani

Mozaik Romawi yang Ditemukan
Sumber :
  • Facebook/Archaeologynewsnetwork

Malang, WISATA – Sebuah mosaik raksasa di tepi kolam renang yang menampilkan pola geometris yang rumit telah digali di Turki selatan, mengungkap pengaruh luas Kekaisaran Romawi pada puncaknya. Mosaik tersebut, yang pernah menghiasi lantai kompleks pemandian, berbatasan dengan kolam sepanjang 25 kaki (7 meter), yang seharusnya terbuka ke udara, kata Michael Hoff, sejarawan seni Universitas Nebraska, Lincoln dan direktur penggalian mosaik Universitas Nebraska.

Inilah Diantara Peran Seneca dalam Kekaisaran Romawi

Penemuan tersebut kemungkinan besar berasal dari abad ketiga atau ke-4, kata Hoff. Mosaik itu sendiri berukuran 1.600 kaki persegi (149 meter persegi) — seukuran rumah keluarga sederhana. 

“Sejujurnya, saya sangat terkejut karena mozaiknya sebesar itu,” 

Hancurnya Kekaisaran Romawi: Kisah Kejatuhan Salah Satu Peradaban Terbesar Dunia

Petunjuk pertama bahwa ada sesuatu yang menakjubkan terletak di bawah tanah di Turki selatan muncul pada tahun 2002. Ketika profesor klasik Universitas Purdue, Nick Rauh, berjalan melewati ladang petani yang baru dibajak di dekat kota kuno Antiochia ad Cragun. 

Pembajakan ladang tersebut telah menghasilkan potongan-potongan ubin mosaik, kata Hoff. Rauh berkonsultasi dengan arkeolog lain, termasuk para ahli di museum lokal di Alanya, Turki. Museum tidak mempunyai dana untuk menggali lebih dari sepotong mosaik, sehingga arkeolog meninggalkan situs tersebut sendirian. 

Prakiraan Cuaca Banyuwangi Jawa Timur, Tanggal 18 Mei 2024

Tahun lalu, dengan izin arkeologi baru untuk situs tersebut, arkeolog museum mengundang Hoff dan timnya untuk menyelesaikan penggalian. Sejauh ini, para peneliti telah mengungkap sekitar 40% mosaik tersebut. Lantainya dalam kondisi “murni”, kata Hoff dalam video universitas tentang penggalian tersebut. 

Itu akan menghadap ke kolam renang marmer terbuka yang diapit oleh serambi. 

Halaman Selanjutnya
img_title