Fosil 120 Juta Tahun yang Ditemukan di China Memiliki Tubuh Mirip Burung, Tengkorak Mirip Dinosaurus

Cratonavis zhui
  • ulukayin.org

Malang, Wisata – Fosil burung aneh yang ditemukan di Tiongkok utara ini memiliki tengkorak yang mirip dengan Tyrannosaurus rex. Fosil yang dimaksud mungkin berisi petunjuk tentang evolusi burung

Fosil Kaki Dinosaurus yang Terkoyak Akibat Dampak Asteroid Bencana Ditemukan di Meksiko

Fosil tersebut ditemukan di Tiongkok utara, di daerah di mana sisa-sisa dinosaurus dan spesies burung purba telah ditemukan. Saat memeriksa fosil tersebut, para ilmuwan menyimpulkan bahwa mereka berhadapan dengan genus dari Kapur Awal.

Penelitian yang dipimpin oleh Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology of Chinese Academy of Sciences ini mengungkap bahwa kepala fosil tersebut hampir identik dengan dinosaurus. Fosil tersebut juga mendukung teori mosaikisme evolusioner dalam diversifikasi burung awal.

Kerangka Ibu-Anak Berpelukan Berusia 4.000 Tahun Korban Gempa Lajia, Tiongkok

Evolusi mosaik atau mosaikisme evolusioner mengacu pada perubahan evolusioner yang terjadi tanpa perubahan simultan pada beberapa bagian atau organ tubuh. Misalnya, meskipun kemampuan berjalan dengan dua kaki berkembang pada spesies Homo awal, otak tidak berkembang dengan kecepatan yang sama.

Para ilmuwan yang menggunakan computer tomography untuk memeriksa fosil tersebut dapat memperoleh informasi rinci dengan cara ini. Fosil tersebut, diidentifikasi sebagai Cratonavis zhui.

Jejak Dinosaurus Berusia 166 Juta Tahun Ditemukan di Inggris

Fakta bahwa fosil tersebut memiliki tulang belikat memanjang dan metatarsal pertama membuatnya berbeda dari semua spesies burung yang diketahui. Artinya Cratonavis zhui memiliki tempat khusus dalam jalur evolusi dinosaurus hingga burung modern.

Burung mulai berevolusi dari theropoda, sekelompok dinosaurus, selama periode Jurassic, sekitar 200 juta tahun lalu hingga 150 juta tahun lalu. Banyak ahli paleontologi menganggap burung sebagai dinosaurus yang selamat dari peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen yang terjadi 66 juta tahun lalu.