9 Kutipan Terbaik dari Immanuel Kant

Immanuel Kant
Sumber :
  • Image Creator/Handoko

Malang, WISATA - Immanuel Kant, seorang filsuf Jerman pada abad ke-18, telah meninggalkan warisan pemikiran yang mendalam melalui karyanya yang monumental. Dua karyanya yang paling terkenal, "Critique of Pure Reason" dan "Critique of Practical Reason," tidak hanya mengubah paradigma filsafat pada zamannya, tetapi juga tetap relevan hingga hari ini. Berikut adalah 9 kutipan terbaik dari Immanuel Kant yang diambil dari karya-karyanya yang legendaris:

Baruch Spinoza: "Tidak Ada yang Sia-sia dalam Alam Semesta Ini"

1.    "Bertindaklah hanya sesuai dengan maksim di mana Anda pada saat yang sama dapat menghendaki agar itu menjadi hukum universal."

·         Kutipan ini mencerminkan konsep Kant tentang moralitas, yang dikenal sebagai imperatif kategoris. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang dapat diterapkan secara universal.

Baruch Spinoza: "Pikiran yang jernih adalah cahaya dalam jiwa."

2.    "Dua hal mengisi pikiran dengan keajaiban dan ketakjuban yang semakin bertambah, semakin sering dan semakin intens pikiran kita tertarik padanya: langit bintang di atas saya dan hukum moral di dalam diri saya."

·         Kant menggambarkan keajaiban alam semesta dan moralitas sebagai dua hal yang paling menginspirasi pikiran manusia.

Baruch Spinoza: "Kebahagiaan bukanlah imbalan bagi kebajikan, melainkan kebajikan itu sendiri."

3.    "Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang terorganisir. Kebijaksanaan adalah kehidupan yang terorganisir."

·         Kant membedakan antara pengetahuan ilmiah dan kebijaksanaan, menekankan pentingnya mengorganisir kehidupan kita dengan bijaksana.

Halaman Selanjutnya
img_title