Inilah Diantara Karya Utama dan Paling Mutakhir Filsuf dan Ilmuwan Immanuel Kant

Immanuel Kant
Sumber :
  • Image Creator/Handoko

Malang, WISATA - Immanuel Kant, seorang filsuf Jerman yang dikenal akan kontribusinya yang besar dalam dunia filsafat. Karyanya telah menjadi pijakan penting dalam pengembangan pemikiran modern. Diantara berbagai karya yang ia hasilkan, ada beberapa yang dianggap sebagai karya utama dan paling mutakhir dari pemikiran Kant.

Karya-karya Utama Parmenides: Meretas Jalur Pemikiran tentang Realitas

"Kritik der reinen Vernunft" atau "Kritik Pemikiran Murni" (1781)

Salah satu karya utama Immanuel Kant adalah "Kritik Pemikiran Murni" yang diterbitkan pada tahun 1781. Dalam karya monumental ini, Kant mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang kemampuan manusia untuk memperoleh pengetahuan. Ia mengemukakan bahwa ada struktur dan kategori-kategori tertentu dalam pikiran manusia yang memengaruhi cara kita memahami dunia. Kant menyatakan bahwa ada batas-batas pengetahuan manusia yang tidak bisa dilewati, dan ia membedah konsep-konsep seperti ruang, waktu, dan objek secara mendalam.

"The True is the Whole" - Georg Wilhelm Friedrich Hegel

"Kritik der praktischen Vernunft" atau "Kritik Pemikiran Praktis" (1788)

Selain karyanya tentang pemikiran murni, Immanuel Kant juga menulis tentang etika dalam "Kritik Pemikiran Praktis". Dalam karya ini, Kant mengembangkan teori etika deontologis, yang menekankan pentingnya kewajiban moral yang bersifat universal. Ia menyatakan bahwa tindakan moral harus dilakukan karena kewajiban, bukan karena akibat yang diharapkan atau karena kepuasan pribadi.

Persimpangan Pemikiran Plato dan Friedrich Hegel dalam "Phenomenology of Spirit"

"Kritik der Urteilskraft" atau "Kritik Pemikiran Tentang Penilaian" (1790)

Salah satu karya terakhir Kant adalah "Kritik Pemikiran Tentang Penilaian", yang diterbitkan pada tahun 1790. Dalam karya ini, Kant mengembangkan teori tentang keindahan dan teleologi. Ia membahas tentang konsep-konsep seperti keindahan alam, seni, dan penilaian estetika. Kant juga mengeksplorasi gagasan tentang tujuan atau akhir yang terdapat dalam alam dan bagaimana manusia memahami dan menafsirkannya.

Halaman Selanjutnya
img_title