Terima Lahan Hibah, UNISMA akan Bangun Kampus dekat IKN Nusantara dari Jenjang S1 – S2

Kampus UNISMA
Sumber :
  • IG/englisheducation.unisma

Malang, WISATA – Universitas Islam Malang (UNISMA) menerima hibah lahan dari Raja Bulungan. Lahan seluas 100 hektar tersebut terletak tak begitu jauh dari Ibu Kota Negara, yakni di Kabupaten Tanjung Selor atau Bulungan, Kalimantan Utara.

Pentingnya Pantau dan Evaluasi Pembangunan IKN Menghadapi Tantangan Anggaran dan Dampak Lingkungan

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyampaikan, hibah lahan tersebut nantinya bakal dimanfaatkan sebagai pusat agrokomplek, yakni untuk pengembangan pendidikan dan usaha Unisma. Selanjutnya Prof Maskuri mengatakan bahwa status hibah lahan 100 hektar tersebut saat ini masih dalam proses untuk legalisasi

Sebelum membangun kampus, Unisma memastikan dulu legalisasi hibah. Rencana kedepannya di areal tersebut akan dibangun untuk pendidikan, technopark, perkebunan dan sebagian wisata. Design akan segera dibuat setelah proses legalitas selesai.

Kritik Tajam Anies Baswedan terhadap Pembangunan IKN: "Tujuan dan Langkah Tidak Nyambung"

Prof Maskuri meyakini bahwa kehadiran kampus Unisma bakal ditunggu masyarakat di sana. Ia menjelaskan Provinsi Kalimantan Utara itu diproyeksikan pemerintah sebagai pusat bisnis internasional. Pemilihan pengembangan keilmuan agrokomplek disesuaikan dengan kondisinya. Ada perkebunan, peternakan, teknik dan Mipa. Terkait agrokomplek jenjang pendidikan disediakan mulai S1 hingga S2.

Saat ini, kampus utama UNISMA berada di kawasan Dinoyo Kota Malang, Jawa Timur. UNISMA merupakan bagian dari Nahdlatul Ulama (NU). Saat ini, UNISMA memiliki peringkat ke-44 dari total 4670 PTN dan PTS di Indonesia. Selain itu, UNISMA juga menempati peringkat ke-9 sebagai kampus terbaik di Jawa Timur berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari total 350 PTS dan PTN.

IKN: Tiga Perusahaan Raksasa Teknologi AS Garap Proyek Smart City IKN

Di kampus UNISMA, terdapat berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan belajar-mengajar dan kenyamanan mahasiswa. Diantaranya adalah Perpustakaan, UNISMA memiliki perpustakaan yang lengkap dengan koleksi buku, jurnal, dan referensi lainnya. Mahasiswa dapat mengakses sumber daya ini untuk menunjang studi mereka.

UNISMA memiliki ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas audiovisual. Ini memudahkan proses pembelajaran dan interaksi antara dosen dan mahasiswa. Kemudian ada juga  Laboratorium, dimana terdapat berbagai laboratorium di UNISMA, termasuk laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan laboratorium ilmu pengetahuan. Laboratorium ini memungkinkan mahasiswa untuk melakukan eksperimen dan praktikum.

Halaman Selanjutnya
img_title