Pentingnya Pantau dan Evaluasi Pembangunan IKN Menghadapi Tantangan Anggaran dan Dampak Lingkungan

Ilustrasi IKN Nusantara
Sumber :
  • IG/rendering_indonesia

WISATA – Ibu Kota Nusantara (IKN) turut disebut-sebut dalam program dan visi misi para Calon Presiden dalam Pemilu yang akan datang. Sebenarnya bagaimana progress pembangunan IKN sejauh ini? Sebagai warga negara Indonesia tentu kita penasaran bagaimana update terkini tentang IKN Nusantara. Dirangkum dari cbncindonesia.com, pembangunan IKN di penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, saat ini mencapai 40%. Diantaranya telah dibangun 22unit apartemen dengan tinggi empat lantai yang dihuni sekitar enam belas ribu enam ratus pekerja. Selain itu jalur-jalur logistik juga sedang dibangun untuk memudahkan pembangunan infrastruktur.

Terima Lahan Hibah, UNISMA akan Bangun Kampus dekat IKN Nusantara dari Jenjang S1 – S2

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dirangkum dari cnbcindonesia.com, dana pembangunan IKN sebesar Rp. 5,1 triliun pada tahun 2022 berasal dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN). Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan dana sebesar Rp. 23,9 triliun di APBN untuk pembangunan IKN tahun 2023. Total anggaran IKN akan mencapai 466,9 triliun rupiah yang 20% diambil dari APBN.

Rapat otorita IKN

Photo :
  • IG/ikn_id
Kritik Tajam Anies Baswedan terhadap Pembangunan IKN: "Tujuan dan Langkah Tidak Nyambung"

Meskipun ada kemajuan dalam pembangunan IKN, ada beberapa kekurangan dan tantangan-tantangan dalam pembangunan IKN. Itulah sebabnya, meskipun pembangunan terus berjalan, namun tetap diperdebatkan di kalangan elit politik. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk terus memantau dan mengevaluasi proses pembangunan ini untuk memastikan bahwa semua aspek telah dipertimbangkan dan ditangani dengan tepat. Diantara tantangan-tantangan yang harus dihadapi adalah seperti : sarana dan prasarana yang  belum memadai sehingga harus membangun yang baru dimana biayanya cukup mahal. Penyediaan air bersih, kemungkinan terjadinya banjir, longsor dan kebakaran hutan juga perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan. Selanjutnya pemindahan ibu kota bukanlah hal yang mudah dan memerlukan anggaran yang besar.

IKN Nusantara

Photo :
  • IG/fam.estate
Halaman Selanjutnya
img_title
IKN: Tiga Perusahaan Raksasa Teknologi AS Garap Proyek Smart City IKN