Inilah 7 Cara Turunkan Berat Badan Pasca Lebaran

Salad
Sumber :
  • pixabay

Malang, WISATA – Walaupun sedang merayakan Lebaran, menjaga berat badan tetap ideal merupakan hal yang penting. Ini untuk mengurangi risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, mulai dari obesitas, diabetes, hipertensi, hingga penyakit jantung.

Beginilah Cara Para Filsuf Muslim Memaknai Puasa dan Idul Fitri

 

Seperti kita ketahui, makanan khas lebaran umumnya memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi yang dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan. Untuk dapat menurunkan berat badan secara efektif setelah lebaran, Anda perlu mengatur pola makan dan melakukan pola hidup sehat.

INFO KESEHATAN: Minum Obat Jantung yang Tepat Saat Puasa Ramadan, Begini Kata Dokter Ahli Jantung

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang aman dan sehat.

1. Lakukan Puasa Sunah. Seusai Hari Raya Idul Fitri, umat Islam kembali dianjurkan untuk melakukan puasa sunah Syawal selama 6 hari. Sama halnya dengan berpuasa di bulan Ramadan, melakukan puasa sunah juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bisa juga dengan melakukan puasa sunah Senin-Kamis. Puasa sunah Senin-Kamis ini memiliki kesamaan dengan salah satu metode puasa intermiten, yaitu berpuasa selama 2 hari dalam 1 minggu.

Tips agar Puasa Tidak Cepat Haus dan Lapar

2. Meningkatkan konsumsi protein, lemak sehat, dan sayur. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dapat membantu untuk meningkatkan rasa kenyang dan menjaga kesehatan tubuh secara umum.

3. Berolahraga Secara Teratur. Menggabungkan olahraga kardio dan latihan beban tidak hanya akan membuat tubuh sehat, namun juga perlu dilakukan sebagai cara menurunkan berat badan secara alami. Anda yang tidak biasa berolahraga dapat memulai kebiasaan ini selama 10-15 menit per hari dengan intensitas olahraga yang ringan dan meningkatkannya secara bertahap.

4. Meningkatkan asupan serat. Serat akan diserap dengan lebih lambat oleh saluran pencernaan dan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama sehingga berat badan bisa turun.

Halaman Selanjutnya
img_title