Begini Cara agar Nasi dalam Rice Cooker Tidak Mudah Basi, Mengeras atau Lembek Berair

Nasi Rice Cooker
Sumber :
  • Claslab

Malang, WISATA - Nasi merupakan salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bagi sebagian besar orang, menggunakan rice cooker adalah cara paling praktis untuk memasak nasi. Namun, terkadang nasi yang dimasak dalam rice cooker bisa saja tidak sesuai dengan yang diharapkan. Nasi bisa menjadi basi, mengeras, atau bahkan lembek berair. Untuk menghindari masalah tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar nasi dalam rice cooker tetap lezat dan berkualitas. Simak ulasan berikut ini!

Jumlah dan Ukuran Air saat Masak Nasi di Rice Cooker agar Nasi Pulen

1. Pilih Jenis dan Kualitas Beras yang Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis dan kualitas beras yang tepat. Pastikan untuk memilih beras yang masih segar dan berkualitas baik. Hindari menggunakan beras yang sudah terlalu lama disimpan atau beras yang sudah mengalami proses penggilingan yang buruk.

Erick Thohir dan Madam Pang Beri Kabar Baik untuk Sepak Bola Asia Tenggara

2. Cuci Beras dengan Bersih

Sebelum memasak, pastikan untuk mencuci beras dengan bersih. Cuci beras dengan air mengalir hingga air benar-benar bersih dari kotoran dan tepung yang menempel pada beras. Proses mencuci beras ini akan membantu menghilangkan kotoran dan tepung berlebih yang bisa membuat nasi menjadi lengket atau berair.

Kisah Terakhir Titanic: Tragedi yang Mengguncang Dunia pada 1912

3. Gunakan Air Secukupnya

Saat mengukur air untuk memasak nasi, pastikan untuk menggunakan air secukupnya sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit air, karena hal ini dapat membuat tekstur nasi menjadi tidak sempurna. Perhatikan juga takaran air yang diperlukan berdasarkan jenis dan merek rice cooker yang Anda gunakan.

Halaman Selanjutnya
img_title