Guci Batu Setinggi 10 Kaki 'Dibuat oleh Raksasa' Menyimpan Tubuh Manusia di Laos

Plain of Jars yang Terkenal
Sumber :
  • Facebook/archaeologyworldwide.com

Malang, WISATA – Lebih dari 100 guci batu raksasa, diperkirakan telah digunakan dalam ritual penguburan ribuan tahun yang lalu, telah ditemukan kembali di situs kuno di hutan, di lereng bukit dan di sepanjang punggung gunung di daerah terpencil di Laos tengah. 

TIM U-16: Garuda Muda Bakal Tampilkan Permainan Terbaik lawan Australia, Senin Malam

Guci-guci batu berukir tersebut tersebar bermil-mil di provinsi Xiangkhouang yang berbukit-bukit, sekitar 200 mil (320 km) utara ibu kota Laos, Vientiane, di Asia Selatan. Mereka dijuluki "stoples orang mati" oleh para peneliti. 

Beberapa kuburan manusia, yang diperkirakan berusia sekitar 2.500 tahun, telah ditemukan di beberapa situs ini di Laos, namun tidak ada yang diketahui tentang orang yang pertama kali membuat guci tersebut. 

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Hasil Drawing Tahap Ke-3, Indonesia di Grup C, Grup Neraka

Sebuah ekspedisi arkeolog dari Laos dan Australia mengunjungi wilayah Xiangkhouang pada bulan Februari dan Maret untuk mendokumentasikan situs-situs guci yang diketahui dan untuk mencari situs-situs guci orang mati dan tambang batu baru.

Temuan baru ini menunjukkan bahwa budaya misterius yang membuat guci batu tersebut secara geografis lebih luas dari perkiraan sebelumnya, kata Louis Shewan, arkeolog di Universitas Melbourne dan salah satu pemimpin ekspedisi. 

Mulai 1 Juni 2025, SIM Indonesia Berlaku di Negara Asia Tenggara, Yuhuuu....

Situs guci terbesar dan terbaik adalah ‘Plain of Jar’ yang terkenal, terletak di negara yang relatif terbuka dekat kota Phonsavan. Situs ini berisi sekitar 400 guci batu berukir, beberapa setinggi 10 kaki (3 m) dan berat lebih dari 10 ton (9.000 kg) dan penyelidikan arkeologi pertama terhadapnya dilakukan pada tahun 1930-an.

Namun Shewan mengatakan bahwa sebagian besar lokasi guci biasanya berisi kurang dari 60 guci batu berukir dan ditemukan di kawasan hutan dan pegunungan di sekitar 'Plain of Jars', yang tersebar di wilayah ribuan mil persegi. 

Halaman Selanjutnya
img_title