Mengenal Daun Gedi yang Populer di Sulawesi Utara, dan Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan

Daun Gedi
Sumber :
  • IG/baliinfood

Malang, WISATA Daun gedi (juga dikenal sebagai aibika) adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Daun gedi yang juga mempunyai nama latin Abelmoschus manihot L. adalah tumbuhan yang tumbuh di Sulawesi Utara dan termasuk dalam kelompok tanaman herbal.

Spa Tradisional Indonesia sebagai Wellness Etnaprana: Perpaduan Alam, Budaya, dan Kearifan Lokal

Bunganya dapat dimakan dan sering digunakan dalam kuliner khas Sulawesi Utara, seperti Tinutuan atau bubur Manado. Kandungan aktif dalam daun gedi meliputi flavonoid, asam amino, nukleosida, polisakarida, steroid, dan minyak atsiri. Senyawa-senyawa ini memiliki potensi sebagai antioksidan, antiradang, analgesik, dan bahkan pengencer darah.

Daun gedi juga mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari mangan, kalium, asam amino, magnesium, kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Bahkan, terdapat beberapa manfaat daun gedi lainnya bagi kesehatan yang jarang diketahui, antara lain: 

Etnaprana Jamu: Ramuan Tradisional Indonesia yang Kembali Bersinar di Era Wellness

Manfaat Daun Gedi

Photo :
  • Koleksi Elly Martyasrini

Manfaat Daun Gedi

Photo :
  • IG/baliinfood
Inilah Negara-negara di Asia yang Populer dengan Wellness Tourism, Salah Satu-nya adalah Indonesia

1. Melancarkan Haid - Air rebusan dari daun ini memiliki sifat yang dapat melancarkan sirkulasi darah atau emmenagogue. Karena itu, tidak ada salahnya bagi perempuan yang kerap memiliki keluhan menstruasi untuk mengonsumsi air rebusan daun gedi. Hal ini bertujuan agar darah kotor yang ada selama haid dapat segera keluar dari tubuh.

Halaman Selanjutnya
img_title