UNIVERSITAS BUDI LUHUR (UBL): Tawarkan Tugas Akhir Nontesis Bagi Mahasiswa, Keren Nih...

Universitas Budi Luhur (UBL), Jakarta
Sumber :
  • budiluhur.ac.id

Jakarta, WISATA – Program Magister S2 Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur (UBL) terus melakukan terobosan baru di dunia pendidikan.

Salah satunya, menyediakan fasilitas penyusunan Tugas Akhir bagi lulusannya, yaitu program tugas akhir berupa program tesis maupun program nontesis.

Tesis berupa karya tulis ilmiah, serta harus mencerminkan suatu hasil pekerjaan yang terpadu, bukan hanya sekumpulan artikel yang telah dipublikasikan saja, namun juga mencerminkan penalaran ilmiah dari mahasiswa program magister.

Mengapa Cinta dan Rasa Hormat Penting dalam Sebuah Hubungan, Ini Alasannya

Program tesis adalah hasil akhir atau bentuk karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa di bawah pengawasan dosen pembimbing.

Penulisan tesis harus didukung sepenuhnya oleh literature review, sumber-sumber pengamatan, penjelasan, pemahaman, refleksi dan kritik.

Sementara program nontesis adalah tugas akhir yang bukan berbentuk tesis, dengan menyesuaikan panduan pengerjaan yang tersedia pada laman website pascasarjana Budi Luhur.

Lakukan Hal Ini Bila Pasanganmu Ngambek, Sesaat Pasti Cair Kembali

Program nontesis, berupa penulisan makalah dalam menjelaskan kegiatan proyek yang dijalankan, dengan mempresentasikan dan melaksanakan proyek tersebut, namun hasil kegiatan dapat terbit ataupun tidak diterbitkan. 

Tipe tugas akhir nontesis berupa project (sesuai konsentrasi), seminar atau konferensi internasional, publikasi jurnal bereputasi, buku teks dan buku ajar.

Program tesis dan non-tenis dihadirkan untuk memberikan kemudahanan bagi para lulusan magister ilmu komunikasi UBL.

Khusus program nontesis, dihadirkan untuk memberikan fleksibilitas dan keluasan pemahaman yang paling besar.

Pesan Terakhir Socrates Kepada Xantippe Istrinya, Saat Akan Dihukum Mati

Universitas Budi Luhur (UBL), Jakarta

Photo :
  • budiluhur.ac.id

Program ini dimulai sejak mahasiswa/i masuk atau mendaftar, dimana mahasiswa sudah bisa mulai menyusun proposal ketika semester 1.

Proyek dalam penyusunan tugas nontesis, diharapkan dapat menghasilkan pengembangan program yang mendukung perusahan, lembaga dan atau masyarakat.

"Inovasi Jalur Penyelesaian Magister dengan Nontesis merupakan inovasi dan fleksibilitas yang menarik bagi mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi," ujar Dekan Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif UBL, Dr. Rocky Prasetyo Jatim melalui rilis tertulis.

Dr. Rocky menambahkan, langkah ini memungkinkan eksplorasi praktis dalam komunikasi.

"Dengan fokus pada proyek praktis, dan publikasi ilmiah, program ini memperluas wawasan dan mendukung pengembangan industri. Mahasiswa dapat berkontribusi secara langsung pada industri dan masyarakat. Hal ini juga menunjukkan komitmen FKDK dalam mendukung kolaborasi kreatif mahasiswa dan dosen. FKDK menciptakan lulusan yang siap kreatif untuk bersaing dalam dunia profesional dengan keterampilan yang relevan dan kreatif," imbuh Dr. Rocky.

"Civitas akademika Budi Luhur bersama akan terus melakukan peningkatan pendidikan yang mumpuni dan berkualitas. Program tesis ditujukan bagi mahasiswa yang tertarik untuk melakukan penelitian mendalam dan berkontribusi ilmiah yang aktif dalam bidang ilmu komunikasi. sementara program non-tesis memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin fokus pada pengembangan keterampilan praktis yang relevan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini”, tambah Dr. Rocky.

Halaman Selanjutnya
img_title