Tata Cara Mengerjakan Salat Tarawih Sendiri di Rumah

Sujud dalam Sholat
Sumber :
  • Instagram/islam.berkisah

Malang, WISATA – Sholat tarawih merupakan ibadah yang dilakukan untuk menghidupkan malam-malam di bulan Ramadhan. Sholat tarawih memiliki keutamaan yang akan didapatkan oleh kaum muslim yang mengerjakannya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini:

"Hujjat Allah al-Balighah": Karya Monumental dalam Teologi Islam oleh Shah Waliullah al-Dihlawi

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

WISATA KULINER: Menikmati Bakso Banyu Mili di Malam Hari, Makan di Sini Ada Tata Caranya, lho!

Waktu pelaksanaan sholat sunnah tarawih ini adalah selepas salat Isya dan biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid. Namun demikian ada yang karena hal tertentu, melaksanakan sholat tarawih di rumah, seperti perempuan atau ibu-ibu maupun orang dengan pekerjaan tertentu yang tidak bisa ditinggalkan harus dan sholat tarawih di rumah.

Pelaksanaan sholat tarawih berbeda-beda, ada yang melaksaknakan sholat tarawih dengan 20 rakaat dan witir 3 rakaat, ada pula yang sholat tarawih 8 rakaat dan witir 3 rakaat.

5 Kebiasaan Baik yang Dilakukan Menjelang Bulan Ramadan

Untuk sholat tarawih 8 rakaat bisa dikerjakan dengan empat-empat rakat 2 kali salam atau dua-dua rakaat 4 kali salam. Cara mengerjakannya adalah, bila sholat tarawih yang dua-dua rakaat, dikerjakan seperti mengerjakan sholat subuh, dengan niat setiap mau mulai rakaat pertama. Sedangkan apabila dikerjakan dengan empat-empat rakat, dikerjakan seperti sholat fardhu 4 rakaat, bedanya sholat tarawih tidak ada tahiyat awal. Jadi pada saat rakaat kedua, setelah sujud langsung tegak dan setiap selesai membaca Al Fatihah, dilanjutkan membaca surat pendek dalam Al Qur’an, sedangkan sholat fardhu, hanya rakaat pertama dan kedua yang membaca surat pendek.

Berikut ini tata cara sholat tarawih, sama dengan sholat fardhu atau sholat sunnah lainnya. Diawali dengan niat, takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Halaman Selanjutnya
img_title