Wellness dan Etnaprana, Pengertian, Manfaat, Perbedaan dan Persamaan

Kampung Wae Rebo Flores
Sumber :
  • Indonesia Travel

Jakarta, WISATA - Wellness dan etnaprana merupakan dua istilah yang sering dikaitkan dengan kesehatan dan kesejahteraan. Namun, apa sebenarnya perbedaan dan persamaan antara kedua istilah tersebut?

Keadilan dalam Perspektif Para Filsuf Pra-Socratic, Konsepsi Democritus Sangat Menarik

Wellness adalah kondisi sejahtera secara fisik, mental, dan sosial. Kondisi ini dicapai melalui upaya untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara holistik, yaitu dengan memperhatikan aspek fisik, mental, emosional, sosial, dan spiritual. Menurut Merriam-Webster Dictionary, wellness adalah "the state of being in good health and spirits". Sedangkan menurut World Health Organization (WHO), wellness adalah "a state of complete physical, mental, and social well-being and not merely the absence of disease or infirmity". Sedangkan The Global Wellness Institute (GWI) mendefinisikan wellness sebagai “The active pursuit of activities, choices and lifestyles that lead to a state of holistic health”

Etnaprana adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan konsep wellness yang berakar pada budaya, tradisi, dan kekayaan alam Indonesia yang sudah berlangsung secara turun temurun. Etnaprana menekankan pentingnya keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa, serta hubungan antara manusia dengan alam.

Inilah Tren Kategori Konten Internet yang Paling Banyak Diakses di Indonesia Tahun 2024

Kata etnaprana adalah prasa kata baru yang belum tercatat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Etnparana adalah kata majemuk yang terdiri dari dua kata bahasa Jawa, yaitu etnis dan prana. Kata etnis berasal dari kata etnisitas yang berarti "keadaan atau sifat suatu kelompok manusia yang memiliki ciri-ciri khas yang sama, seperti ciri fisik, budaya, dan bahasa". Kata prana berasal dari kata pranayama yang berarti "latihan pernapasan". Jadi, etnaprana berarti "energi kehidupan suku bangsa

Manfaat Wellness dan Etnaprana

Pemakaman Peti Mati Gantung Masyarakat Igorot yang Menarik di Sagada, Filipina

Baik wellness maupun etnaprana memiliki manfaat yang sama, yaitu untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan jiwa dan raga. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh antara lain: Meningkatkan kualitas hidup; Meningkatkan produktivitas; Mengurangi stres dan kecemasan; Meningkatkan sistem kekebalan tubuh; Mencegah penyakit; Meningkatkan kreativitas dan Meningkatkan kebahagiaan; Mengurangi risiko penyakit; Bisa tampil cantik dan meningkatkan rasa percaya diri

Diluar itu Etnaprana memiliki manfaat khusus, yaitu: Memperkuat ikatan budaya dan masyarakat; Menjaga warisan budaya; Meningkatkan kesadaran akan pentingnya alam; Meningkatkan rasa cinta tanah air.

Halaman Selanjutnya
img_title