Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM): Membangun Persatuan dalam Keberagaman

PMM Nusantara
Sumber :
  • IG/pmm.nusantara

WISATA – Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah sebuah inisiatif pemerintah Indonesia yang memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran ke luar negeri dan mengembangkan keterampilan antar budaya serta pengetahuan akademis di Universitas-universitas terkemuka.

Mengenal Program Beasiswa DARMASISWA untuk Siswa Warga Negara Asing, Cek Jadwal Daftarnya!

Tujuan utama PMM adalah untuk memperkuat persatuan dalam keberagaman. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar selama satu semester di perguruan tinggi di Indonesia, memperluas pemahaman mereka tentang keberagaman dan semangat persatuan. PMM dilaksanakan melalui perpindahan klaster antar pulau, memungkinkan pertukaran mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan sebaliknya. Program ini diikuti oleh mahasiswa semester 3, 5 dan 7 saat program berjalan. Eksplorasi persatuan dalam keberagaman dilakukan melalui Modul Nusantara.

Manfaat mengikuti PMM meliputi peningkatan wawasan kebangsaan, integritas, solidaratias, dan wadah perekat kebangsaan antar mahasiswa de Indonesia melalui pembelajaran antar budaya. Program ini juga membantu mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa yang mampu bergaul dengan beragam latar belakang untuk meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme.

Pelatihan Tari Ratoh Jaroe Mahasiswa Program PMM di UKM Seni Budaya Meurah Silue Unimal

Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Photo :
  • IG/pmm.nusantara

Jika Anda sedang menempuh Pendidikan di perguruan tinggi dan tertarik untuk program ini, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar Program PMM:

  • Kunjungi laman resmi program mahasiswa merdeka
  • Isi formulir pendaftaran dengan data diri dan data akademik secara lengkap dan benar
  • Unggah berkas-berkas yang dibutuhkan seperti transkrip nilai, surat keterangan aktif kuliah, sertifikat  Bahasa Inggris dan surat rekomendasi dari dosen.
  • Pilih program pertukaran dan universitas yang diinginkan
  • Ikuti seleksi yang dilakukan panitia.
Halaman Selanjutnya
img_title
YOGYAKARTA: Semarak Dirgantara 2024 di Pantai Depok, Bantul, Berlangsung Seru dan Meriah