Tips Membantu Anak-anak Menghadapi Perubahan Saat Orang Tua Menikah Lagi dari Tinjauan Psikologis

BCL, Noah dan Tiko
Sumber :
  • IG/bclsinclairashraf

WISATA – Belakangan ini jagad maya sedang ramai dengan penikahan kedua dari Bunga Citra Lestari (BCL), artis yang pernah menikah dengan almarhum Ashraf Sinclair. Seperti biasa kolom komentar di Instagram, TikTok maupun platform sosial media lainnya penuh dengan pro dan kontra dari netizen. BCL tampak berbahagia merayakan pernikahannya tersebut dikelilingi sahabat dan keluarga, termasuk putra semata wayangnya, Noah. Menikah lagi setelah perceraian atau kematian pasangan memang bisa menjadi proses yang rumit dan emosional, terutama jika ada anak-anak yang terlibat. Karena kemungkinan ada resiko psikologis dalam menghadapi situasi tersebut.

5 Tanda Anak Sangat Cerdas Secara Psikologi, Ternyata Tidak Terkait dengan Nilai

Setiap individu tentu mempunyai cara yang berbeda dalam menyikapi situasi seperti tersebut diatas, Namun bagaimana sebenarnya situasi ini ditinjau dari sisi psikologis? Berikut ini adalah pendapat pakar dan beberapa cara untuk membantu anak-anak menghadapi perubahan dirangkum dari healthychildren.org

1. Mengakui dan menerima perasaan anak, anak-anak mungkin merasa kehilangan dan sedih ketika orang tua mereka memutuskan untuk menikah lagi. Mereka mungkin merasa bahwa mereka tidak akan pernah bisa mendapat keluarga asli mereka. Penting untuk mengakui dan menerima perasaan ini, dan memberi mereka ruang untuk merasakan dan mengungkapkan emosi mereka.

Aktor Exhuma Choi Min-Sik akan Membintangi Remake Korea dari Film Hollywood, ‘The Intern’

BCL dan Noah

Photo :
  • IG/noahsinclair.bcl

2. Menjaga komunikasi terbuka, komunikasi terbuka adalah kunci untuk membantu anak-anak menyesuaikan diri dengan perubahan dalam keluarga mereka. Jelaskan kepada mereka tentang pernikahan baru Anda, dan beri mereka kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan menyampaikan kekhawatiran mereka.

DRAKOR: Projek Pertama Nam Joo-Hyuk setelah Keluar dari Militer Bersama Roh Yeon-Seo ‘Donggung’

3. Menyediakan dukungan emosional, anak-anak mungkin merasa cemas atau tidak aman dengan perubahan dalam keluarga mereka. Penting untuk meyakinkan mereka bahwa pernikahan baru Anda tidak akan mengurangi cinta Anda kepada mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title