Mengenal Tabebuya, Tanaman Peneduh yang Menghiasi Jalan-jalan di Kota Malang

Tabebuya di Sebuah Jalan di Kota Malang
Sumber :
  • Instagram/sugoitei

Malang, WISATA – Serasa di Jepang, katanya. Jalan-jalan Kota Malang semakin indah dengan jajaran pohon tabebuya di sepanjang jalan di beberapa tempat. Sungguh sesuai dengan sebutannya sebagai kota bunga. Ketika mulai berbunga, pohon tabebuya yang bunganya berwarna-warni itu sangat indah menyejukkan mata. 

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Hasil Drawing Tahap Ke-3, Indonesia di Grup C, Grup Neraka

Deretan pohon tabebuya tersebut dapat dinikmati di beberapa ruas jalan di kota dingin Malang, antara lain di Jl. Ade Irma Suryani, di depan Pusdik Arhanud Karangploso, di Universitas Brawijaya, di Jl. Sarangan. Aneka warna bunga tabebuya sangat elok dipandang mata, putih, kuning, merah jambu, sekilas seperti bunga sakura yang sedang bermekaran. Benar, seperti di Jepang rasanya.

 

Prakiraan Cuaca Kota Malang, Jawa Timur, Tanggal 28 Juni 2024

Tabebuya Kuning di Pusdik Arhanud Karangploso Malang

Photo :
  • Tangkap layar Tik Tok/farizhangtys

Banyak orang yang salah mengira bunga tabebuya sama dengan bunga Sakura, padahal keduanya sangat berbeda.  Salah satu kelebihan pohon tabebuya adalah daunnya tidak mudah rontok pada musim kemarau. Sewaktu musim berbunga tiba, bunganya indah dan lebat, akarnya juga cenderung tidak merusak bangunan atau tembok. 

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Pukul 14.00 WIB Nanti, Drawing Putaran Ketiga, Ini Live Streamingnya

Tabebuya merupakan jenis tanaman yang berasal dari negara Brazil dengan kondisi iklim kering.  Oleh karena itu, pohon ini memiliki ketahanan hidup yang tinggi pula dalam cuaca kering. 

Dikutip dari lindungihutan.com, habitat pohon tabebuya ini adalah pada ekosistem yang memiliki hutan tropis kering dan lembap, di mana ketinggiannya kurang dari 1.200 meter di atas permukaan laut. Pohon tabebuya juga sangat cocok tumbuh di lingkungan dengan curah hujan tahunan rata-rata antara 1.500-2.500 mm.

Halaman Selanjutnya
img_title